10 Hal Yang Jangan Dilakukan Pada PHP 7

Pada post kali ini saya akan membahas mengenai 10 hal pola yang tidak baik yang harus kamu hentikan untuk dilakukan pada PHP 7.

1. Jangan Gunakan MySQL_Functions

PHP 7 menghapusnya sama sekali dari core yang berarti kita akan perlu untuk pindah ke mysqli_function yang lebih baik, atau implementasi PDO yang lebih fleksibel.

2. Jangan Tulis Kode Yang Tidak Dipakai

Sebagai pengembang kita harus selalu memastikan untuk memuat script hanya ketika mereka dibutuhkan, menggabungkannya bila mungkin, menulis query database yang efisien, menggunakan caching bila memungkinkan, dan sebagainya.

3. Jangan Gunakan PHP Close Tags Pada Akhir File

Jika kamu lihat, kebanyakan file core WordPress menghilangkan PHP ending tag ketika file berakhir dengan kode PHP. Bahkan Zend Framework secara khusus melarang hal ini tersebut. Hal ini tidak diperlukan oleh PHP dan dengan menghilangkan tag diakhir file memastikan bahwa tidak ada spasi tertinggal yang dapat ditambahkan.

4. Jangan Pass By Reference Jika Tidak Dibutuhkan

Dalam beberapa kasus memang akan berguna, tetapa dalam banyak kasus lainnya hal ini malah membuat kode lebih sulit untuk dimengerti dan diikuti, terutama sulit untuk memprediksi hasilnya.

5. Jangan Jalankan Query di Loop

Menjalankan query database didalam satu loop hanya membuang waktu. Hal ini dapat menempatkan beban yang tidak perlu pada sistem dan kemungkinan kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih cepat jika menjalankannya diluar loop.

6. Jangan Gunakan * Pada Query SQL

Sebenarnya, hal ini merupakan masalah pada MySQL, tetapi kita sering untuk menulis kode SQL di PHP. Dalam banyak kasus, jangan gunakan wildcats pada query SQL jika kamu dapat menghindarinya, terutama jika kamu memiliki database dengan banyak kolom.

7. Jangan Percaya User Input

Sangat tidak bijaksana untuk percaya input pengguna. Selalu filter, periksa dan gunakan fallbacks. Ada tiga masalah dengan user data: Kita sebagai developer jangn mengambil setiap kemungkinan ke dalam akun, hal tersebut sering salah dan mungkin sengaja dibuat berbahaya.

8. Jangan Dipaksakan

Kamu mungkin dapat membuat tambahah waktu lebih cepat 0,01 detik pada setiap page load dengan memendekan semuanya menjadi satu karakter variable, menggunakan multi-level ternary logic dan hal-hal pintar lainnya. Hal ini bukan apa-apa jika dibandingkan dengan sakit kepala yang akan kamu rasakan.

9. Jangan Kembangkan Yang Suda Ada

PHP telah hadir selama beberapa tahun, dan umur website lebih tua lagi. Hal yang kamu butuhkan mungkin saja seseorang telah membuatkannya untuk kamu. Jangan takut untuk mendapatkan dukungan dari yang lain.

10. Jangan Abaikan Bahasa Lain

Jika sudah mahir menulis program PHP, kini saatnya kamu mencoba latihan HTML, CSS, JavaScriot dan setidaknya adalah JavaScript. Juga belajar mengenai object oriented PHP, yang dapat membantu kode kamu menjadi lebih baik. Setelah belajar OOP, akan lebih mudah untuk belrkanag C3 dan Java.

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan PHP Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...