10 Website Gratis Untuk Belajar Programming

Bagi kamu IT profesional atau mahasiswa IT yang ingin mendalami belajar programming, di internet banyak sekali sumber ilmu yang bisa kita akses dengan biaya tertentu ataupun gratis.

Kali ini saya akan membahas mengenai 10 website gratis yang bisa kita gunakan untuk belajar programming secara lebih mendalam.

1. MIT Open Courseware

MIT Open Courseware menawarkan 2.100 mata kuliah dengan berbagai topik, termasuk Electrical Engineering dan Computer Science. Sumber daya gratis ini termasuk textbook online, ujian, konten multimedia, tugas, proyek dan juga berbagai contoh. Semua konten yang ditawarkan merupakan mata kuliah asli dari MIT (Massachusetts Institute of Technology).

2. Google Code University

Google dan koding, yup Google Code University merupakan sumber ilmu yang bisa kita akses gratis. Kita bisa mencari bahasa programming yang kita inginkan, atau kamu tertarik menjadi Android Dev. Google juga menyediakan topik tingkat lanjut untuk belajar programming termasuk distributed system dan web security.

3. Mozilla Developer Network

Mozilla (yang membuat web browser Firefox) mengetahui banyak hal agar website dapat berjalan dengan baik, dan mereka menaruhnya pada pusat belajar gratis miliknya. Jika kamu ingin belajar programming dan desain web bisa mengunjungi Mozilla Developer Network.

4. HTML5 Rocks

Website HTML5 Rocks menawarkan banyak sekali informasi gratis seputar HTML5, termasuk mengenai tutorial dan juga blog post.

5. Khan Academy

Khan Academy sudah lama terkenalkan menawarkan banyak sekali mata kuliah termasuk juga untuk belajar programming. Jika kamu ingin menambah banyak ilmu, tidak hanya programming maka kamu harus mendaftar di Khan Academy.

6. Codecademy

Codecademy merupakan website popular yang bisa kita gunakan gratis untuk belajar programming. Website ini menambahkan gamification untuk proses belajar jika kamu ingin belajar bersama dengan teman.

7. Eloquent JavaScript

Eloquent JavaScript sebenarnya adalah buku yang versi onlinenya bisa kita akses secara gratis, atau jika kamu ingin membantu penulisnya bisa membeli bukunya melalui Amazon. JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang saat ini banya digunakan pada halaman website.

8. Ruby Koans

Ruby merupakan bahasa pemrograman lainnya yang tengah naik daun, dan Ruby Koans menawarkan tutorial gratis mengenai bahasa Ruby. Website ini berjanji akan menerangi perjalanan kamu selama belajar Ruby.

9. Apple Developer

Jika kamu ingin menjadi Apple dev untuk mengembangkan produk Apple, website Apple developer menyediakan sumber daya untuk belajar mengenai produk Apple.

10. Stack Overflow

Secara teknis, Stack Overflow tidak menawarkan tutorial. Website ini merupakan komunitas dari para developer, disini kamu bisa bertanya mengenai programming atau mencari pertanyaan sesuai dengan masalah programming yang sedang kamu hadapi.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan PHP Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...