3 Framework PHP yang Powerfull

3 Framework PHP yang Powerfull

3 Framework PHP yang Powerfull

3 Framework PHP yang Powerfull

Hal penting dalam membuat sebuah project website ialah kemudahan dalam pembuatan dan penggunaan, struktural, serta keamanan program. Hal ini menimbulkan masalah atau tantangan bagi para programmer, apakah mampu menyatukan ketiganya dalam pembuatan sebuah website. Karena tidak bisa dipungkiri masih banyak programmer yang hanya memfokuskan pada salah satu atau dua hal penting di atas, sementara mengabaikan poin lainnya.

Tentunya, dibutuhkan tenaga dan pikiran ekstra untuk bisa mencantumkan ketiga poin penting tersebut ke dalam sebuah website. Namun hal ini tidak akan terjadi jika mereka mengetahui dan memilih cara yang lebih cerdas. Untungnya ada beberapa programmer yang bisa memecahkan masalah tersebut, mereka menciptakan framework-framework yang bersifat open source sehingga bisa digunakan oleh orang lain dan bisa dikembangkan secara mandiri.

Di dalam PHP sendiri, sudah tersedia berbagai macam framework PHP yang powerfull. Framework PHP tersebut ada beberapa yang terkenal dan memiliki keunggulan di bidangnya masing-masing. Berikut adalah tiga framework PHP yang sangat populer.

1. Yii

Yii adalah framework PHP yang bersifat open source yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman PHP5 yang dikembangkan untuk aplikasi web 2.0. Saat ini, Yii adalah framework yang paling mudah dan lengkap fiturnya dibandingkan framework lain. Dengan kelengkapan fiturnya tersebut, Yii cocok untuk project kecil maupun besar.

Yii membantu web programmer membangun aplikasi kompleks dengan efektif dan efisien. Yii merupakan singkatan dari “Yes, it is!”, sehingga framework PHP ini bisa dijadikan sebuah jawaban apabila ada orang yang bertanya apakah framework ini aman, mudah digunakan, atau aman?

2. CodeIgniter

Codeigniter adalah framework PHP yang cukup powerfull dengan footprint yang sangat kecil. Framework PHP ini dibangun untuk para web programmer yang membutuhkan toolkit sederhana namun elegan untuk membuat aplikasi web dengan fitur yang lengkap. Berbeda dengan Yii, Codeigniter atau yang disingkat CI ini lebih diperuntukan untuk project web dalam skala kecil, sehingga membuat tampilannya lebih sederhana. Dari segi pengguna, CI lebih banyak digunakan dan dikenal daripada framework lainnya.

3. Symfony

Framework Symfony termasuk framework open source yang mulai dikembangkan sejak 12 tahun lalu dan dirilis pada tahun 2005. Symfony dikembangkan oleh perusahaan Sensio Labs. Beberapa kelebihan dari Symfony ialah cepat, fleksibilitas tidak terbatas, mudah dikembangkan dan diperluas, serta mudah untuk digunakan. Dengan reputasi Sensio Labs yang memang cukup berpengalaman di bidang ini, membuat Symfony cukup powerfull untuk digunakan pada project website kita.

jakartawebhosting.com, Memberikan Support Hosting Untuk Website Anda

Web Hosting Indonesia

Web Hosting Indonesia

You may also like...