Mengenal Variabel Scope PHP

Mengenal Variabel Scope PHP

Mengenal Variabel Scope PHP

Mengenal Variabel Scope PHP

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang fungsi dalam PHP, yaitu variable scope. Variabel scope (atau ruang lingkup variabel) adalah jangkauan kode program di mana perintah program masih bisa mengakses sebuah variabel.

Jika kita mendefenisikan sebuah variabel pada satu file PHP, maka variabel tersebut dapat diakses oleh seluruh kode program pada halaman yang sama. Namun jika variabel tersebut didefenisikan di dalam sebuah fungsi, variabel itu belum tentu bisa diakses dari luar fungsi tersebut. Hal inilah yang dimaksud dengan variabel scope.

Pada PHP, terdapat empat scope atau jangkauan dari variabel yaitu local, global, static, dan parameter. Berikut adalah penjabarannya:

1. Jangkauan lokal (local scope)

Ini adalah variabel yang terdapat dalam function PHP dan hanya bisa diakses dalam fungsi tersebut.

2. Jangkauan global (global scope)

Ini merupakan variabel yang dapat diartikan bebas untuk diakses darimana saja atau lingkup global, tetapi hal ini tidak berlaku jika terdapat di dalam fungsi.

3. Jangkauan static (static scope)

Variabel ini merupakan jangkauan yang memanggil atau mempertahankan variabel yang telah selesai dijalankan tetapi kita masih ingin menggunakan. Untuk membuat ini kita memerlukan kata kunci yaitu static.

4. Jangkauan parameter (parameter scope)

Parameter scope adalah variabel yang nilainya dilewatkan ke fungsi dengan kode panggilan. Parameter ini merupakan bagian dari deklarasi fungsi.

Contoh Variabel Scope

Untuk memahami konsep variabel scope, berikut adalah contoh kode program dalam PHP.

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
<?php
$a = 5;
function coba()
{
   $a=10;
   $b=7;
}
// pemanggilan fungsi coba()
coba();
echo $a; // 5
echo $b; // error:notice
?>

Konsep pembatasan variabel scope memang terkesan merepotkan, namun sebenarnya sangat berguna untuk menisolasi penggunaan variabel agar tidak saling menimpa. Fungsi-fungsi bawaan di dalam PHP dibuat oleh berbagai programmer dari seluruh dunia, dan mungkin saja kita secara tidak sengaja menggunakan nama variabel yang sama dengan nama variabel yang ada dalam salah satu fungsi tersebut. Dengan menerapkan variabel scope, PHP dapat terhindar dari permasalahan tersebut.

Presented By Jakartawebhosting.com

JakartaWebHosting

JakartaWebHosting

You may also like...