Mengenal Enkapsulasi Objek OOP

Mengenal Enkapsulasi Objek OOP

Mengenal Enkapsulasi Objek OOP

Mengenal Enkapsulasi Objek OOP

Seperti yang sudah kalian ketahui bahwa OOP atau Pemrograman Berbasis Objek, adalah salah satu cara membuat program dengan memecah alur program menjadi modul-modul sederhana (objek).

Setelah memahami cara membuat dan mengakses objek dalam PHP, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang salah satu aspek terpenting dalam Pemrograman Berbasis Objek tersebut, yakni enkapsulasi (encapsulation). Proses enkapsulasi objek ini diterapkan dengan menggunakan tiga jenis hak akses: public, protected, dan private. Berikut penjelasannya.

Enkapsulasi Objek

Enkapsulasi adalah sebuah metode untuk mengatur struktur class dengan cara menyembunyikan alur kerja dari class tersebut. Struktur class yang dimaksud adalah property dan method. Dengan enkapsulasi, kita bisa membuat pembatasan akses kepada property dan method, sehingga hanya property dan method tertentu saja yang bisa diakses dari luar class.

Lewat enkapsulasi objek, kita bisa memilih property dan method apa saja yang boleh diakses, dan mana yang tidak boleh diakses. Dengan menghalangi kode program lain untuk mengubah property tertentu, class menjadi lebih terintegrasi, dan menghindari kesalahan ketika seseorang mencoba mengubahnya.

Enkapsulasi Objek: Public, Protected dan Private

Untuk membatasi hak akses kepada property dan method di dalam sebuah class, OOP menyediakan tiga kata kunci, yakni public, protected, dan private. Kata kunci ini diletakkan sebelum nama property atau sebelum nama method. Berikut pembahasannya.

Public

Ketika sebuah property atau method dinyatakan sebagai public, maka seluruh kode program di luar class bisa mengaksesnya, termasuk class turunan. Jika hak akses property dan method tidak ditulis, maka PHP menganggapnya sebagai public.

Protected

Jika sebuah property atau method dinyatakan sebagai protected, berarti property atau method tersebut tidak bisa diakses dari luar class, namun bisa diakses oleh class itu sendiri atau turunan class tersebut. Apabila kita mencoba mengakses protected property atau protected method dari luar class, akan menghasilkan error.

Private

Hak akses terakhir dalam konsep enkapsulasi objek adalah private. Jika sebuah property atau method diset sebagai private, maka satu-satunya yang bisa mengakses adalah class itu sendiri. Class lain tidak bisa mengaksesnya, termasuk class turunan. Akses level private sering digunakan untuk menyembunyikan property dan method agar tidak bisa diakses di luar class.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai enkapsulasi objek dalam OOP. Semoga bermanfaat.

You may also like...