5 Bahasa Pemrograman Baru Yang Harus Kamu Pelajari

5 Bahasa Pemrograman Baru Yang Harus Kamu Pelajari

Menjadi developer tidak cukup hanya menguasai satu atau dua bahasa pemrograman, apalagi industri web yang selalu berubah dengan cepat. Baik apakah kamu seseorang yang baru memulai atau kamu yang merupakan programmer berpengalaman, kamu harus selalu mempunyai pertanyaan bahasa pemrograman baru apa lagi yang harus dipelajari selanjutnya?

Pada post kali ini, saya akan membahas 5 bahasa pemrograman baru yang bisa kamu pelajari di tahun 2017 ini. Berikut ini adalah daftarnya.

1. Groovy

Groovy merupakan bahasa scripting berorientasi objek yang diciptakan oleh Apache untuk platform Java. Pertama kali muncul pada tahun 2003, namun versi stable release pertamanya Groovy 1.0 dirilis pada tahun 2007. Sejak saat itu, bahasa scripting ini telah digunakan oleh perusahaan besar seperti Netflix, Linkedin, Airbus dan Mastercard.

Groovy secara dinamis di-compiled ke Java bytecode, dan dapat mulus diintegrasikan dengan semua library Java. Jika kamu telah menguasai bahasa Java atau bahasa lainnya yang menggunakan syntax curly-bracket, kamu akan mudah dalam belajar Groovy.

2. Rust

Rust merupakan bahasa pemrograman sistem yang diciptakan oleh Mozilla. Rust bukan untuk membuat aplikasi bagi end-user tetapi untuk hardware, seruap seperti bahasa seperti C atau C++.

Tujuan utama dari bahasa Rust adalah untuk mengambil keunggulan penuh dari prosesor multi-core modern. Bahasa ini fokus pada kinerja dan keamanan memori, mencegah kesalahan segmentasi dan hadir dengan syntax yang mudah dipelajari. Beberapa perusahaan besar yang menggunakan bahasa ini diantaranya adalah Dropbox, Telenor Digital, Coursera dan SmartThings.

3. Elixir

Elixir merupakan bahasa pemrograman fungsional dimana developer dapat membangun aplikasi yang didistribusikan secara real time. Elixir diciptakan pada tahun 2011 oleh kontributor Ruby dengan tujuan mengatasi masalah pada bahasa Ruby dengan menulis kode bersamaan. Tujuan eksplisit dari bahasa baru ini adalah untuk memperbaiki kinerja aplikasi Rails yang berjalan di beberapa CPU.

Elixir merupakan pilihan tepat untuk aplikasi jaringan pemrograman atau sistem dengan ketersedian tinggi seperti software perbankan, dan untuk pemrosesan data. Elixir dijalankan di Erlang Virtual Machine (BEAM) dan di-compiled ke Erlang bytecode. Sebagai hasilnya, pengembang Elixir juga memiliki akses penuh ke ekosistem Erlang.

4. Go

Go merupakan bahasa pemrograman baru yang dirilis oleh Google pada tahun 2009, dan sejak saat itu Google menggunakannya pada internalnya di banyak sistem produksi. Go merupakan bahasa pemrograman yang di-compiled, diketik secara status dan bersamaan yang diciptakan dengan tujuan menangani masalah pemrograman diaman perusahaan besar mengalaminya setiap hari.

Go telah digunakan oleh banyak perusahaan besar, diantaranya seperti YouTubem Bitbucket, Basecamp, BBC, Dropbox, dan lainnya.

5. R

Bahasa pemrograman R semakin popular selama beberapa tahun terakhir ini karena revolusi dari big data. R versi open source dari bahasa S, bahasa ini diciptakan oleh dua akademisi, Ross Ihaka dan Robert Gentleman, di University of Auckland, Selandia baru pada tahun 1990-an.

R dapat digunakan untuk komputasi statistik dan grafis, dan memungkinkan developer untuk menyelesaikan tugas yang terkait dengan data processing, data mining, data analysis, dan laporan statistik.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...