5 Cara Membantu Developer Lebih Produktif

5 Cara Membantu Developer Lebih Produktif

Kebanyakan developer menghabiskan waktunya tidak saja membuat kode, tetapi juga melakukan beberapa tugas lainnya. Tugas seperti meeting, sesi planning, perawatan kode, dan memperbaiki bugs atau error semua dapat mengganggu dalam membuat kode baru.

Sebagai bos, harusnya tahu bahwa developer tidak dapat membuat fitur dan fungsi baru secara konstan, menuntut untuk cepat terus menerus akan mengorbankan kualitas kode ataupun keseluruhan produktivitas tim.

Jadi apa yang harus kamu lakukan, tanpa harus menghancurkan sesuatu? Dengan kerja lebih pintar tentunya, tidak melulu kerja keras. Berikut ini adalah 5 cara membantu developer lebih produktif.

Chat Merupakan Teman, Bukan Musuh

Bos dan developer yang tidak tahu kekuatan dari aplikasi chat dalam project pengembangan software, akan menganggapnya sebagai pengganggu. Padahal, meski memang nantinya akan ada pesar gif dengan karakter yang lucu-lucu, aplikasi chat dapat menjadi tool bisnis yang mumpuni. Menggunakan aplikasi chat dapat membangun komunikasi yang lebih efektif dan dapat meningkatkan produktivitas tim. Aplikasi chat dapat membantu tim menyelesaikan tugas seperti memonitor status dari pengembangan, memberitahukan error secara real time dan menunjukan riwayat aktivitas.

Mengurangi Waktu Debugging

Tool error tracking seperti Raygun dapat membantu tim, yang dapat membantu secara otomatis menemukan semua bugs yang ada pada software yang tim kembangkan dan memberikan daftar untuk diperbaiki, lengkap dengan peringkat dari seberapa buruk error tersebut memberikan dampak. Developer dapat mengurangi waktu berjam-jam, berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu hanya untuk menemukan sumber masalah yang menyebabkan error.

Habiskan Lebih Banyak Waktu Untuk Merencanakan

Ketika ingin meningkatkan produktivias bagi developer, tampaknya tidak masuk akal jika mereka menghabiskan lebih banyak wakti dari keybiardnya saja. Dengen perencanaan dan spesifikasi yang cukup bagus dapat menjadi sesuautu yang berharga.

Meluangkan lebih banyak waktu untuk merencanakan project dengan benar dan menyederhanakan proses perencanaan, maka akan menghemat waktu untuk memperbaiki dan mendesain ulang sesuatu ketika developer aktif membuat kode.

Mengotomatiskan Proses Penerapan

Dengan tool monitoring yang memiliki fitur feedback realtime, developer dapat melihat bagaimana pengguna menggunakan software mereka. Dan dengan menambahkan integrasi yang berkelanjutan dan mengotomatiskan testing memastikan kode selalu “production ready.”

Hal ini juga berarti menemukan error dan masalah menjadi lebih cepat dan mengurangi proses yang menyakitkan. Dan produktivitas menjadi lebih meningkat.

Meningkatkan Review Kode Untuk Kualitas Kode

Membuat tim melakukan review kode secara frekuensi dapat membantuk mereka mengidentifikasi dan memperbaiki masalah lebih awal, sebelum mereka menghasilkan masalah yang lebih besar.

Dengan review kode junior developer dapat meningkatkan skill set mereka, dan juga berbagi tanggung jawan untuk mengelola kualitas kode dengan anggota tim senior.

Dengan kualitas kode yang lebih baik sedikit masalah yang akan terjadi kemudian, jadi tidaklah mengherankan jika tim yang selalu mereview kode secara reguler akan meningkatkan keseluruhan produktivitas.

 

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...