5 Game Yang Dapat Mengajarkan Anak Mengenal Coding

5 Game Yang Dapat Mengajarkan Anak Mengenal Coding

Kebanyakan anak mungkin tidak tertarik untuk mempelajari coding, tetapi dengan beberapa game di bawah ini kita sebagai orang tua dapat mengajari anak belajar mengenal coding. Yang juga dapat memberikan manfaat seperti meningkatkan kemampuan untuk memecahkan masalah dan kemampuan berpikir yang tentunya penting untuk anak.

Pada post kali ini saya akan membahas 5 game yang dapat mengajarkan anak-anak untuk mengenal coding. Game-game ini bisa dimainkan dari perangkat Android, iPhone, dan iPad atau dimainkan di atas meja. Beberapa game ada yang berbayar dan juga ada yang gratis.

1. Lightbot

Lightbot merupakan game puzzle yang dibuat berdasarkan coding, yang dapat secara rahasia mengajarkan logika programming sambil bermain game yang menantang. Game ini akan mengajarkan mengenai: Sequencing, overloading, procedures. recursive loops dan conditional.

Lightbot tersedia dalam dua versi: Versi Lightbot untuk anak 9 tahun atau lebih tua dan Lightbot.Jr untuk anak 4 – 8 tahun. Keduanya merupakan game berbayar yang bisa orang tuan download dari Apple App Store dan Google Play Store.

2. Kodable

Kodable dapat membantu orang tua ataupun guru untuk mengajarkan anak mengenai ilmu komputer. Dengan cara yang menarik, anak-anak akan diajarkan konsep-konsep dasar pemrograman seperti: Sequence, operasi algoritma, conditional logic statments, syntax, variabel seperti string, integer dan array, OOP, Properties dan Methods. Game ini bisa digunakan untuk anak umur 4 – 11 tahun, dan bisa di download di Apple App Store.

3. Cargo-Bot

Cargo-Bot merupakan game game puzzle yang tersedia untuk perangkat iOS. Game ini dapat mengajarkan anak programming dengan cara yang menarik. Dan kabar baiknya, Cargo-Bot bisa kamu download gratis dari Apple App Store.

4. Bee-Bot

Bee-Bot diklaim oleh si pembuat dapat meningkatkan kemampuan anak dalam bahasa pemrograman melalui urutan ke depan, belakang, kiri, kanan dan memutar 90-derajat. Game ini dikembangkan dengan 12 level yang mendorong perkembangan. Game ini dapat dimainkan untuk anak 4 tahun ke atas. Game ini hanya tersedia di Apple App Store.

5. Robot Turtles

Robot Turtles bukanlah game yang dimainkan di gawai, tetapi merupakan board game yang dimainkan di atas meja. Game ini dbuat oleh Dan Shapiro, seorang software enterpreneur sekaligus seorang ayah, yang ingin mengajarkan anak kembarnya yang berumur 4 tahun untuk mengerti mengenai pemrograman komputer melalui game. Sambil mengajarkan pemrograman, orang tua juga bisa mendapatkan waktu berkualitas untuk menemani anak-anak mereka.

Game ini dijual melalui situs Amazon.com dengan harga USD 25 atau sekitar Rp330 ribuan.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...