5 PHP Framework Terbaik Untuk Dipelajari di 2017

5 PHP Framework Terbaik Untuk Dipelajari di 2017

Dari semua bahasa pemrograman server-side, PHP tidak diragukan lagi memiliki batasan yang paling rendah. PHP hampir selalu terinstall secara default bahkan pada web hosting termurah, dan juga sangat mudah dipasang di komputer pribadi manapun. Bagi pendatang baru yang memiliki beberapa pengalaman dengan authoring web pages menggunakan HTML dan CSS, konsep dari variabel kondisi inline dan include statement akan mudah dipahami. PHP juga menyediakan banyak fungsi yang umum digunakan yang mungkin dibutuhkan pada saat mengembangkan website dinamis.

Namun hal ini malah dapat memberikan produktivitas palsu kepada para pemula, yang berakhir dengan membuat kode yang kusut, karena mereka menambahkan lebih banyak fitur dan fungsi untuk websitenya. Hal ini karena PHP, out of the box yang tidak mendorong pemisahan. Untuk kita perlu yang namanya framework. Selain belajar PHP kamu juga harus mempelajari mengenai PHP framework. Berikut ini adalah 5 PHP framework terbaik untuk dipelajari di tahun 2017 ini.

1. Laravel

PHP framework ini menjadi salah satu framework yang paling popular dan paling banyak digunakan. Laravel menggunakan kembali dan merakit komponen yang ada untuk memberi kamu lapisan kohesif dimana kamu dapat membangun aplikasi web dengan cara yang lebih terstruktur dan pragmatis. Laravel menawarkan banyak alat dan arsitektur aplikasi yang menggabungkan banyak fitur terbaik dari framework popular lainnya sepert CodeIgniter, Yii ASP.NET MVC, Ruby on Rails, Sinatra dan lainnya.

2. CodeIgniter

CodeIgniter berbasis Model-View-Controller (MVC). MVC adalah pendekatan perangkat lunak yang memisahkan logika aplikasi dari presentasi. Dalam prakteknya, hal ini memungkinkan halaman web kamu berisi skrip minimal karena presentasi terpisah dari script PHP. Framework ini didesain untuk develiper yang butuh toolkit yang simpel dan elegan untuk membuat aplikasi web full-featured.

3. Symfony 2

Symfony mendefinisikan MVC sementara banyak framework lain mencoba untuk mengikuti aturan MVC. Standar dari Symfony juga membuat lebih mudah untuk menemukan error dan menulis kode berkualitas tinggi. Symfony merupakan salah satu PHP framework terbaik untuk membuat website dan aplikasi web.

4. Yii 2

Yii merupakan framework pemrograman web yang generik, yang berarti dapat digunakan untuk mengembangkan semua jenis aplikasi web yang menggunakan PHP. Karena arsitektur berbasis komponen dan dukungan caching yang canggih, sangat sesuai untuk mengembangkan aplikasi berskala besar seperti portal, forum, content management system (CMS), proyek eCommerce, RESTful web services dan sebagainya.

5. Nette Framework

Nette Framework merupakan pemain lainnya dalam dunia PHP framework. Framework ini hadir dengan berbagai fitur yang powerful, dan membuat hidup web developer menjadi lebih mudah. Nette Framework menggunakan teknologi revolusioner yang dapat menghilangkan celah keamanan seperti XSS, CSRE, session hijacking, session fixation dan lain sebagainya. Nette merupakan framework modern yang mendukung AJAX / AJAJ, Dependency Injection, SEO, DRY, KISS, MVC, Web 2.0 dan cool URL.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...