5 PHP Framework Terbaik

PHP, dikenal sebagai bahasa programming server-side yang paling banyak digunakan di dunia, telah berevolusi sejak pertama kali kode ini muncul pada file HTML statis.

Saat ini para pengembang dituntut untuk membangun website dan aplikasi web yang semakin complex. Selain tingkat kesulitan yang semakin complex, pengembangan website membutuhkan waktu yang semakin lama dan pengembangan selalu dimulai dari awal, serta kebutuhan akan struktur untuk pengembangan semakin banyak. PHP framework terbaik menyediakan pengembang dengan solusi untuk hal tersebut.

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai 5 PHP framework terbaik yang bisa kamu pilih salah satunya untuk proses pengembangan backen web.

5 PHP Framework Terbaik

1. Laravel

Meski Laravel terbilang baru untuk PHP framework (dirilis pada tahun 2011), menurut survei online yang dilakukan oleh situs Sitepoint, Laravel menjadi salah satu PHP framework terbaik karena digunakan oleh kebanyakan pengembang. Laravel menawarkan ecosystem yang besar dengan instans hosting and deployment platform, dan situs resminya menawarkan banyak tutorial screencast yang dipanggil dengan Laracasts.

Laravel memiliki banyak fitur yang memungkinkan untuk pengembangan aplikasi yang lebih cepat. Framework ini memiliki engine template yang ringan yang dipanggil dengan nama “Blade.” Engine ini dapat memfasilitasi task yang sering kamu gunakan sepertu authentication, session, queueing, caching dan RESTful routing. Laravel juga memiliki local development environment yang disebut Homestead.

2. Symfony

Symfony merupakan salah satu PHP framework terbaik yang digunakan oleh banyak proyek terkenal seperti misalnya content management system (CMS) Drupal, software forum phpBB, dan bahkan framework Laravel juga berbasis pada Symfony. Symfony memiliki banyak komunitas pengembang dan juga fans.

Symfony Component merupakan PHP library yang dapat digunakan ulang yang dapat digunakan untuk berbagai task yang berbeda seperti form creation, object configuration, routing, authentication, templating, dan banyak lainnya. Kamu dapat meng-install Component ini dengan menggunakan Composer.

3. CodeIgniter

CodeIgniter merupakan salah satu PHP framework terbaik yang ringan, framework ini dirilis pertama kali pada tahun 2016. Framework ini menggunakan proses instalasi yang langsung dan membutuhkan konfigurasi yang minimal, jadi dapat menghemat waktu. Framework ini juga dapat bekerja dengan hampir semua platform shared dan dedicated hosting (membutuhkan dukungan PHP 5.2.4).

CodeIgniter berbasi pada pola pengembangan MVC. Mengunnakan class Controller adalah wajib, tetapi Model dan View opsional, kamu juga dapat menggunakan coding kamu sendiri.

4. Yii 2

Jika kamu memilih untuk menggunakan Yii framework, kamu dapat memberikan tambahan kinerja untuk website kamu. Yii lebih cepat dibandingkan dengan PHP framework lainnya, karena menggunakan teknik lazy loading. Yii 2 murni object-oriented, dan berbasis pada konsep coding DRY (Don’t Repeat Yourself), jadi memberikan basis code yang logis dan bersih.

Yii 2 mengintegrasikan jQuery, dann hadir dengan fitur AJAX-enabled, dan mengimplementasikan mekanisme theming dan skinning. Framework ini juga memiliki class code generator yang canggih yang dipanggil dengan nama Gii. Gii memfasilitasi object-oriented programming (OOP) dan rapid prototyping, dan menyediakan interface berbasis web yang memungkinkan kita secara interaktif men-generate code yang dibutuhkan.

5. Phalcon

Phalcon framework pertama kali dirilis pada tahun 2012, dan secara cepat mendapatkan popularitas diantara pengembang PHP. Phalcon diklaim secepat falcon atau burung elang, karena ditulis menggunakan C dan C++ untuk mencapai tingkat kinerja yang paling tinggi. Kamu tidak perlu mengerti bahasa C, karena menggunakan class PHP yang siap digunakan untuk semua aplikasi.

Phalcon menggunakan banyak fitur keren seperti universal auto-loader, asset management, security, translation, caching dan banyak lagi. Framework ini juga memiliki banyak dokumentasi dan mudah untuk digunakan.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan PHP Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...