5 PHP IDE Terbaik

5 PHP IDE Terbaik

Seperti yang kita ketahui bahwa PHP IDE dapat membantu kita untuk menyelesaikan kode dan dapat menjadi asisten untuk dubugging serta membangun aplikasi. Memilih PHP IDE terbaik dapat dengan mudah dikonfigurasi untuk lingkungan kerja yang lebih baik, yang akan mengarahkan pada produktivitas yang lebih baik.

Pada post kali ini saya akan membahas 5 PHP IDE terbaik yang bisa kamu pilih salah satunya untuk membantu kamu menyelesaikan proyek PHP.

1. PhpStorm

PhpStorm merupakan PHP IDE terbaik untuk membantu kamu dalam mengerjakan proyek PHP, PHP IDE ini mendukung penggunaan framework seperti Symfony, Drupal, WordPress, Zend Framework, Laravel, Magento, Joomla!, CakePHP, Yii dan framework PHP lainny.

Tool ini dapat mengerti kode yang kamu tulis dan strukturnya, mendukung semua fitur yang ada pada bahasa PHP. Dan juga menyediakan code completion yang terbaik, refactoring, error prevention dan banyak lagi.

Fitur-fitur andalan dari PHPStorm

– Dapat mengeksekuis command pada host dan remoter server via built-in terminal.
– Memiliki kemampuan untuk menulis aplikasi web full stack.
– Memiliki perpustakaan yang besar dari plugin, yang memiliki hampir semua fungsi yang kamu butuhkan dalam pengembangan web.
– Penggunaan yang mudah, syntax highlighting, version control integration dan FTP integration.

2. NetBeans

Netbeans merupakan Integrated Development Environment (IDE) open source yang ditulis dengan menggunakan Java, dan menjadi salah satu tool IDE yang paling favorit dalam pengembangan PHP.

NetBeans IDE mendukung pengembangan semua tipe aplikasi Java seperti Java SE, JavaFX, Java ME, web, EJB dan aplikasi mobile. NetBeans merupakan tool yang modular, yang berarti kita dapat menambah kemampuannya dengan plugin dari pengembang pihak ketiga.

3. Visual Studio Code

Visual Studio Code merupakan tool yang dikembangkan oleh Microsoft. Tidak hanya mendukung produk Microsoft, tool ini juga mendukung PHP. Tool ini menawarkan fitur-fitur seperti syntax and error highlighting dan juga auto complete dengan IntelliSense, yang menyediakan smart completions berbasis tipe variabel, function definition dan imported modules.

Pengguna bisa memasang ekstensi dengan mudah untuk menambahkan bahasa baru, tema, debugger, dan untuk mengkoneksi ke layanan tambahan. Ekstensi ini berjalan dengan proses yang terpisah, memastikan mereka tidak akan memperlambat tool ini.

4. Cloud 9

Cloud 9 mendukung ratusan bahasa pemrograman termasuk PHP, C, C++, Ruby, Perl, Python, JavaScript dengan Node.js dan Go.

Cloud 9 menyediakan fitur-fitur diantaranya adalah Code Completion untuk membantu mengetik kode dengan cepat dan menghindari typo. Outline View agar lebih baik untuk memahami kode. Jump to Definition untuk navigasi yang mudah.

5. Codenvy

Codenvy merupakan workspace server dan cloud IDE. Tool ini memungkinkan developer untuk membuat IDE workspace sementara dengan full code, build, test, deploy dan collaboration yang bisa di-shared dengan URL. Beberapa orang dapat bekerja sama pada workspace yang sama untuk membuat kode, mereview ataupun mengajarkan.

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...