9 Bahasa Pemrograman Yang Paling Dicari Perusahaan

Dengan pencarian yang simpel di Google Search akan ditampilkan ratusan bahasa pemrograman yang ada. Mencari bahasa pemrograman yang paling popular akan muncul daftar yang mungkin membuat kamu bingung. Kali ini saya akan membahas 9 bahasa pemrograman yang paling popular dari perspektif karir.

1. SQL

SQL (Structured Query Language) merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling sering muncul pada job description yang dicari oleh perusahaan, dan juga menjadi pemrograman yang paling banyak dicari. SQL merupakan bahasa untuk berkomunikasi dan memanipulasi database. Ada dua software SQL yang popular seperti MySQL dan Ms SQL.

2. Java

Posisi Java semakin popular, karena semakin popularnya sistem operasi Android dari Google. Android menjadi salah satu sistem operasi yang paling popular untuk saat ini, dan semua aplikasi Android dibangun dengan menggunakan Java. Banyak bisnis yang membangun aplikasi mobile termasuk aplikasi untuk Android. Selain itu banyak perusahaan yang menggunakan Java sebagai bahasa server-side untuk mengembangkan backend.

3. Python

Kepopuleran bahasa Python semakain meningkat, bahasa pemrograman ini dapat meningkatkan produktivitas pengembang untuk mengembangkan aplikasi desktop, aplikasi web dan data mining.

4. JavaScript

JavaScript berbeda dengan Java. JavaScript kompatibel dengan semua program web browser yang ada, dan digunakan oleh 90% website yang ada di internet. Dan seperti yang kita tahu di era internet ini, semua bisnis berlomba-lomba untuk membuat website.

5. C++

C++ dibangun dari bahasa C, yang menjadi moyang dari semua bahasa pemrograman. C++ merupakan bahasas high-performance untuk membangun softwrae system, game engine, aplikasi desktop dan juga aplikasi website. Namun banyak pemula yang kesulitas untuk mempelajarinya, dibandingkan dengan belajar Pythone atau JavaScript.

6. C#

C# atau C Sharp kepopulerannya naik ditahun 2017 ini. Bahasa ini dikembangkan untuk framework softarwe Microsoft .NET, tetapi saat ini bisa digunakan di mesin selain Windows sejak dirilisnya .NET Core.

7. Perl

Perl merupakan bahasa pemrograman dinamis yang banyak digunakan untuk membuat CGI (computer-generated imagery), software grafis, software network dan software keuangan.

8. iOS Family

Kebanyakan pengembang menulis untuk sistem operasi iOS menggunakan bahasa Objective-C, C atau bahasa baru Swift yang dikembangkan oleh Apple. Saat ini banyak sekali perusahaan yang mencari orang yang ahli dengan iOS.

9. PHP

PHP merupakan bahasa pemrograman server-side yang digunakan oleh 80% website yang ada sekarang ini termasuk Facebook, Wikipedia, Tumblr, WordPress dan masih banyak lagi.

 

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan PHP Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...