9 Tool Text Editor Terbaik Untuk Linux dan Programming

Jika kamu sedang mencari tool text editor terbaik untuk sistem operasi Linux, kamu berada di tempat yang tepat. Ada begitu banyak text editor diluar sana yang hadir dengan fitur-fitur yang bagus, dan kali ini kami akan pilihkan yang terbaik.

1. Text Editor Terbaik – Geany

Geany merupakan aplikasi text editor yang sangat bagus, yang mengintegrasikan GTK+ toolkit untuk menghadirkan lingkungan pengembangan yang sangat baik. Jika kamu mencari text editor yang terasa seperti IDE, Geany dapat dijadikan pilihan.

Fitur andalan dari Geany adalah tampilan antarmuka yang mudah dipahami, syntax di highlight, penomoran baris, dan masih banyak lagi, serta banyak pilihan untuk kustomisasi.

2. Text Editor Terbaik – Brackets

Brackets merupakan text editor yang popular yang pertama kali dirilis oleh Adobe pada 2014 silam. Aplikasi gratis ini hadir dengan fitur seperti Live Preview, Inline Editing, dan dukungan Preprocessor yang fokus pada visual tool, dan fitur menarik lainnya.

Aplikasi ini dikembangkan untuk web designer dan pengembang front-end, dapat digunakan untuk menulis dalam HTML, CSS dan JavaScript.

3. Text Editor Terbaik – KWrite

KWrite pertama kali dirilis pada tahun 2000 silam, yang dikembangkan oleh KDE. Aplikasi ini berbasis pada text editor KATE dan teknologi KDEParts. Fitur utama dari aplikasi ini adalah termasuk word completionm auot-indentation, syntax, highlighting berdasarkan tipe file, Vi input mode dan dukungan untuk plugin, dukungan encoding, remote file editing dan lainnya.

4. Text Editor Terbaik – nano

Nano merupakan aplikasi text editor yang user friendly yang banya digunakan pada berbagasi sistem operasi berbasis Unix. Nano pertama kali dirilis pada bulan Juni 2000, yang mengemulasikan text editor Pico dan hadir dengan berbagai fungsi tambahan.

Fitur utama dari nano adalah autoconf, case sensitive search function, auto indentation, interactive search dan replacement, tab completion, soft text wrapping dan lainnya.

5. Text Editor Terbaik – GNU Emacs

GNU Emacs diciptakan oleh founder dari GNU Project, Richard Stallman, yang menjadi aplikasi text editor yang popular digunakan oleh developer dan penggemar Linux dari seluruh dunia. Pengguna dari GNU Emacs dapat menikmati dukungan dokumentasi dan tutorial yang sangat banyak, serta tersedia juga ekstensi seperti debugger interface, mail dan news.

6. Text Editor Terbaik – Gedit

Gedit datang sebagai default text editor pada Linux dengan GNOME desktop. Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk menghadirkan text editor yang simpel dan mudah digunakan. Di Gedit, penggunakan dapat mengkonfigurasi syntax highlighting untuk berbagai bahasa pemrograman seperti C++, C, HTML, Java, XML, Python, Perl dan lainnya.

7. Text Editor Terbaik – Vim

Vim atau Vi IMproved, merupakan text editor yang dibuat dengan tujuan untuk menghadirkan Unix editor yang lebih berkinerja dan memiliki kemampuan yang lebih. Text editor ini dibuat khusus untuk kebutuhan developer. Aplikasi ini memiliki fitur utama seperti automatic command, digraph input, split screen, session scree, tab expansion, syntax coloring dan tag system.

8. Text Editor Terbaik – Atom

Atom merupakan aplikasi text editor yang dikembangkan oleh GitHub. Aplikasi ini berbasis pada Electron (CoffeeScript, JavaScript, Less, HTML), aplikasi desktop yang dikembangkan menggunakan teknologi web. Fitur utama dari Atom adalah cross-platform editing, built-in package manager, file system browser, multiple pane, fungsi find dan replace, dan smart autocompletion.

9. Text Editor Terbaik – Sublime Text

Fitur popular dari Sublime Text seperti navigasi ke file, line atau simbol, dan fitur utama lainnya adalah command palette, Python-based plugin API, simultaneous editing, project-specific preferences dan masih banyak lagi fitur lainnya.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan PHP Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...