Alasan Kenapa Mengembangkan Aplikasi Android Dengan C++ Lebih Baik

Alasan Kenapa Mengembangkan Aplikasi Android Dengan C++ Lebih Baik

Meski Apple dan Google menggunakan bahasa pemrograman spesifikasi untuk pengembangan mobile, Ojective-C/Swift untuk Appe iOS dan Java untuk Google Android. Banyak developer independen yang menghabiskan banyak waktu untuk membangun aplikasi Android dan iOS menggunakan bahasa pemrograman lain.

Beberapa bahasa pemrograman alternatif termasuk C# (Xamarin) dan Pascal (Embarcadero-Rad Studio). Ada juga yang mencoba menggunakan C++, seperti DragonFire SDK untuk Android dan iOS. Dan tahun kemarin, Android Studio menambahkan dukungan untuk Native Development Kit (NDK), dimana pengembang dapat menggunakan C/C++ pada aplikasi Java.

Jadi apa alasan kenapa mengembangkan aplikasi Android dengan menggunakan C++ lebih baik? Ini lima alasannya.

Lebih Cepat

Beberapa pengembang menggunakan bahasa C++ untuk pengembangan lintas platform, termasuk aplikasi Facebook Moment, Dropbox, Microsoft Office, Skype dan game popular seperti Clash of Clans.

C++ biasanya tidak memiliki standar tampilan antarmuka pengguna, tampilan antarmuka pengguna ditulis menggunakan bahasa native dan C++ digunakan untuk logika bisnisnya.

Java, dengan JVM-optimized byte-code, dapat men-generate kode yang cepat, tetapi native (seperti machine code) dapat lebih cepat dan berguna dibeberapa area seperti gaming, simulasi fisika dan pemrosesan sinyal. Meski kita dapat melakukan segala hal dengan Java menggunakan JNI untuk akses low-level, namun menggunakan C++ memiliki keuntungan dalam kecepatan yang sedikit lebih baik.

Visual Studio

Visual Studio memiliki fitur simulator Android yang cepat dengan Android Development Kit (SDK, NDK) ditambah dengan Apache Ant dan Oracle Java JDK, jadi tidak perlu berganti ke platform lain untuk menggunakan tool eksternal.

Game Source Code

Ada banyak game source yang tersedia di luar sana, termasuk engine game open-source dan konten gratis. Cek daftar Wikipedia sebagai awalnya, disana ada banyak link ke sumber. Meski tidak semua source ditulis dengan menggunakan C++, tetapi memberikan kesempatan pada kita untuk menambahkan sesuatu.

Keunggulan C++ Dibanding Java

Java merupakan bahasa pemrograman yang sangat bagus, tetapi untuk pengembangan aplikasi Android, C++ memiliki beberapa keunggulan. Hal ini termasuk memory footprint yang lebih kecil dan tidak ada koleksi sampah.

C++ Telah Nyaman di Android Core

Google menyatakan, C++ memang tidak akan memberikan manfaat pada banyak aplikasi, tetapi terbujti berguna untuk aplikasi dengan penggunaan CPU yang intensif seperti game engine. Google Labs merilis fplutil pada akhir 2014, library dan tool kecil ini berguna ketika mengembangkan aplikasi C/C++ untuk Android. Dan juga Google Play Services termasuk API C++.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan PHP Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...