Apa Itu Nama Domain

Apa Itu Nama Domain

Nama domain atau domain name dibuat agar orang dapat dengan mudah dan cepat mengingat dari suatu website. Di masa lalu di era awal dari internet, world wide network menggunakan alamat IP untuk mencari informasi yang disimpan di dalam web server.

Namun, seiring dengan jaringan yang semakin bertambah besar, tidak akan ada yang akan mengingat begitu banyak alamat IP. Untuk alasan itulah engineer menemukan cara yang lebih baik untuk memberi alamat untuk suatu server, mereka menciptakan nama domain.

Apa Itu Sebenarnya Nama Domain?

Nama domain atau domain name hanya nama biasa bisa apa saja dengan tambahan suffix dibelakangnya. Sebagai contoh: Facebook.com, Google.co.id, Twitter.com dan lain sebagainya.

Nama domain dibuat untuk mengidentifikasi satu atau lebih alamat IP. Mari kita lihat contoh.

Phphostingindonesia.com merupakan nama domain dari website ini, tetapi dibalik itu semua ada satu alamat IP (atau bisa juga lebih dari satu alamat IP seperti kasus pada website besar seperti Google.com, Microsoft.com, dan lain sebagainya).

Alamat IP dari Phphostingindonesia.com adalah: 202.67.10.172. Tentunya banyak orang yang tidak akan ingat alamat IP tersebut, namun untuk mudahnya kamu bisa mengetik Phphostingindonesia.com. Lebih mudah menggunakan domain name, dibandingkan dengan alamat IP.

Nama Domain Bagian Dari URL Website

Sebagai contoh:

//phphostingindonesia.com/cara-menaikan-limit-upload-hingga-100mb-di-php-apache/

Salah satu URL yang ada di website ini, dan Phphostingindonesia.com hanyalah nama domain.

Setiap domain di dunia ini memiliki suffing (atau dikenal juga sebagai Top Level Domain atau TLD), yang mengindikasikan tipe dari domain tersebut. Sebagai contoh:

  • .com – Digunakan untuk website komersial atau umum.
  • .net – Digunakan untuk website jaringan.
  • .org – Digunakan untuk organisasi.
  • Dan masih banyak lagi.

Tiga TLD domain tiga merupakan yang paling umum, dan masih banyak lagi TLD lain. Namun ada juga TLD yang mengindikasikan lokasi negara dan bentuk organisasi seperti:

  • .co.id – TLD Indonesia.
  • .co.sg – TLD Singapura.
  • .co.jp – TLD Jepang.

Dan untuk tipe organisasi diantaranya:

  • .gov – Digunakan untuk pemerintahan.
  • .edu – Digunakan untuk institusi pendidikan.
  • .mil – Digunakan untuk organisasi militer.

Dibelakang layar, kita masih menggunakan alamat IP untuk masuk ke web server, namun pada front side yang kita lihat di aplikasi web browser, kamu akan selalu menggunakan domain name untuk masuk ke suatu website. Agar cara ini dapat bekerja, web server menggunakan DNS server untuk menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP.

Apa Bedanya Nama Domain dan Website?

Domain merupakan nama dari website untuk memanggilnya di internet.

Sementara website, berisi file seperti gambar, video, html, php, dan juga mungkin database.

Untuk menampilkan informasi dari domain name, kita perlu yang namanya website dan file website disimpan pada penyedia web hosting agar bisa diakses dari internet.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...