Mengenal ORM pada PHP

Mengenal ORM pada PHP

Mengenal ORM pada PHP

Mengenal ORM pada PHP

Jika pada artikel sebelumnya kami pernah membahas tentang pemograman berbasis objek OOP, pada artikel kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengenal ORM. Apakah kalian tahu apa itu ORM? ORM atau Object Relational Mapper adalah teknik untuk memetakan tabel dari database menjadi objek PHP. ORM akan menjadi jembatan antara objek yang didefinisikan dalam kode pemrograman dengan database. Melalui ORM, programmer tidak perlu memikirkan SQL yang digunakan untuk melakukan CRUD (Create Read Update Delete) data-data yang ada di dalam database, akan tetapi dapat langsung fokus pada interaksi data-data yang berbasis objek.

ORM dapat kita terapkan dengan baik pada framework PHP sepert Codeigniter, Yii, laravel, dan lain-lain. ORM akan tersambung dengan tabel-tabel database yang sudah diberi primary key dan foreign key. Sedangkan pada OOP, objek yang dimaksudkan adalah suatu instance dari sebuah class. Untuk lebih mengenal ORM, berikut adalah contoh penggunaan ORM:

INSERT INTO persons (id,nama) values (‘1’,jordan)”

Perintah di atas masih berbentuk kodingan tanpa menggunakan ORM. Namun jika kita menggunakan ORM, perintah SQL akan digantikan dengan fungsi (tergantung fungsi yang disediakan oleh pustaka ORM yang digunakan), sehingga fungsi tersebut akan terlihat seperti berikut:

Person person = new Person (1,”jordan”);
person.insert();

Pada kedua contoh kode pemrograman dapat kita lihat fungsi SQL “INSERT INTO” digantikan dengan fungsi insert(). Sebenarnya ada banyak pustaka ORM yang sudah tersedia saat ini di berbagai bahasa. Seperti PHP framework, pustaka ORM sudah tersedia di Codeigniter, Yii, CakePHP, dan lainnya, semua framework tersebut menyediakan ORMnya sendiri-sendiri. Kemudian di Java bisa kita temukan pada Hibernate dan Mylbatis.

Demikianlah artikel singkat kami mengenai ORM pada PHP. Apakah kalian kini sudah cukup mengenal ORM? Jika merasa belum, kalian dapat mencari tutorialnya pada situs-situs tutorial terkenal seperti W3School. Semoga bermanfaat.

Presented By, Jakartawebhosting.com

JakartaWebHosting

JakartaWebHosting

You may also like...