Apa Kegunaan File Htaccess di PHP?

Bagi para web developer ataupun kamu yang sedang belajar mengenai web development, pastinya sering mendengar istilah file .htaccess. Dan mungkin kamu penasaran apa itu htaccess, apa yang kamu bisa lakukan dengannya.

Apa Itu File Htaccess?

Htacces merupakan singkatan dari Hypertext Access dan merupakan file konfigurasi yang digunakan oleh web server berbasis Apache untuk mengelola live directory.

Ketika file .htacess ditaruh di dalam directory, dimana file ini akan diload melalui Apache Web Server, kemudian file ini akan dideteksi dan dijalankan oleh software Apache Web Server. File ini dapat digunakan untuk mengubah konfigurasi dari software Apache Web Server untuk mengaktifkan / menonaktifkan fungsi dan fitur tambahan yang ditawarkan oleh Apache Web Server.

File .htaccess dapat dibuat dengan software editor teks apapun (tinggal memberi nama filenya .htaccess tanpa ekstensi ataupun nama lain) dan kemudian upload file tersebut ke website kamu melalui software FTP client seperti FileZilla atau File Manager.

Posisi dari file ini sangat penting. Konfigurasi dalam file ini akan mempengaruhi semua file di dalam directory dan directory dibawahnya.

Beberapa Kegunaan Dari File Htacces

1. Mengubah tampilan error: Memodifikasi halaman yang ditampilkan saat terjadi error dari sisi server, misalnya HTTP 404 Not Found.

2. Menulis ulang URL: Server sering kali menggunakan file ini untuk menulis ulang URL ‘kotor’

3. Kontrol cache: File htaccess juga dapat mengaktifkan server untuk mengontrol User agent caching yang digunakan oleh web browser untuk mengurangi penggunaan bandwidth, server load dan lag.

4. Otorisasi, Otentikasi: File ini juga sering digunakan untuk menentukan batasan keamanan untuk directory. File ini biasanya disertai dengan file .htpasswd yang menyimpan username dan password yang valid.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan dengan yang menarik.

You may also like...