AWS Cloud9, Browser Based IDE Untuk Cloud Developer

Amazon Web Services baru saja memperkenalkan tool baru berupa browser-based IDE yang diberi nama AWS Cloud9, pada konferensi re:Invent yang diadakan di Las Vegas, Amerikat Serikat.

AWS Cloud9 sebenarnya merupakan tool ID yang dikembangkan oleh perusahaan yang dibeli oleh Amazon pada tahun 2016 lalu. IDE ini dikembangkan berdasarkan Ace Editor.

AWS Cloud9 tidak berbeda dengan kebanyakan tool IDE dan editor lain seperti Sublime Text. Namun yang ditekankan pada AWS adalah tool IDE ini memungkinkan pengeditan kolaboratif dan juga terintegrasi secara mendalam dengan ekosistem layanan cloud dari Amazon Web Services. Selain itu tool ini juga dilengkapi dengan dukungan built-in untuk bahasa seperti JavaScript, Python, PHP dan lainnya, serta juga memiliki tool untuk debugging.

AWS mengklaim bahwa tool IDE baru ini merupakan tool IDE pertama di cloud native. Sebenarnya sudah banyak tool IDE browser-based lain, namun seperti yang sudah disebutkan di atas, tool ini terintegrasi dengan AWS dan pengguna dapat memulai instance baru langsung dari alat ini. Tool ini juga memungkinkan pengguna untuk melakukan debug fungsi Lambda bagi para pengembang di serveless.

Bagi developer, integrasi langsung dengan layanan AWS ini menjadi nilai jual utama dari Cloud9. Pesaing seperti AWS seperti Microsoft, sebenarnya juga menawarkan tool IDE mereka sendiri yakni Visual Studio yang juga terintegrasi dengan layanan cloud dari Azure.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...