Bahasa Pemrograman Apa Yang Harus Dipelajari Untuk Menjadi Hacker

Bahasa Pemrograman Apa Yang Harus Dipelajari Untuk Menjadi Hacker

Di Indonesia hanya men-deface suatu website dengan menggunakan tool buatan orang lain, sudah mengklaim dirinya sebagai hacker. Padahala sejatinya hacker harus menguasai beberapa bahasa pemrograman untuk mengerti dan membuat tool yang bisa dipergunakan untuk menjalankan aksinya.

Berikut ini adalah bahasa pemrograman yang harus kamu pelajari untuk menjadi seorang hacker.

1. Untuk Hacking Aplikasi Web

HTML: Hypertext Markup Language (HTML) merupakan dasar untuk membuat halaman web dan informasi lainnya yang dapat ditampilkan pada web browser. HTML merupakan bahasa pemrograman dasar yang harus kamu pelajari untuk mengerti mengenai halaman web.

JavaScript: Mempelajari JavaScript, dapat membantu kamu mengerti dasar dari Cross Site Scripting.

PHP / SQL: Kebanyakan aplikasi web ditulis dengan menggunakan PHP dan MySQL, jadi kamu harus mempelajarinya.

2. Untuk Mengerti dan Menulis Exploit, Shell Code, Rootkit, dan lainnya

C & C++: Lebih dari 60% exploit yang bisa kamu temukan di internet ditulis dengan menggunakan bahasa C & C++. Jadi kamu harus mempelajari bahasa pemrograman ini untuk membantu kamu mengerti mengenai Buffer overflow, Stack overflow, dan lainnya sebagainya.

Assembly: Mengerti assembly dapat membantu kamu untuk mengerti dan menulis kode Shell, dan juga dapat membantu kamu untuk membuat aplikasi dan software Reverse Engineering.

3. Untuk Membuat Tool dan Scirpt

Python: Python merupakan bahasa pemrograman level tinggi, namun mudah untuk dipelajari. Banyak tool dan script untuk otomatisasi ditulis dengan menggunakan Python. Mengerti Python dapat membantu kamu untuk menulis banyak kode Exploit.

Ruby: Ruby bahasa pemrograman lainnya yang bisa digunakan untuk membuat script dan tools. Metasploit Framework ditulis dengan menggunakan Ruby. Belajar Ruby dapat membantu kamu mengerti in dan out dari MSF.

Bash: Belajar Bash sangat bergunakan untuk menulis script kecil yang berguna untuk otomatisasi.

 

Satu pesannya, jangan memanfaatkan ilmu hacking untuk mendapatkan keuntungan pribadi dengan melakukan tindakan yang tidak dibenarkan. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mencari celah keamanan pada aplikasi web seperti Facebook, dan lainnya, kemudiannya melaporkannya. Facebook rajin membuka Bug Bounty Program untuk membantu menemukan celah keamanan, dan memberikan hadian uang yang terbilang besar.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan PHP Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...