Belajar Snippet Kode dengan PHPbot

Hal apapun yang bisa menghemat waktu dalam pengerjaan proyek development patut untuk dicoba. Developer yang paling tahu akan hal ini, karena itulah tool IDE dan tool snippet sangat berharga.

Untuk pengembangan proyek berbasis PHP, ada banyak library mulai dari framework Laravel hingga software content management system seperti WordPress. Tetapi dalam melakukan coding PHP tetap membutuhkan pengembangan line-by-line, dengan menuliskan baris-per-baris coding. Tetapi dengan tool yang bernama PHPbot bisa membantu memudahkan developer dalam menghadapi hal tersebut.

PHPbot merupakan aplikasi website gratis yang secara otomatis men-generates template untuk kode PHP, berdasarkan apa saja perintah yang dimasukan. Kedengaran rumit, tetapi tool ini benar-benar sangat membantu.

Dimulai dengan memasukan frase yang berkaitan dengan fungsi PHP atau frase dari manual PHP. Sebagai contoh, jika kamu ketik ‘ksort’ kamu agan mendapatkan template penuh berdasarkan metode ksort(), yang akan men-sorting PHP array dengan key.

PHPbot merespon secara cepat dengan snippet yang berguna. Berikut ini adalah contohnya:

<?php
$fruits = array("d"=>"lemon", "a"=>"orange", "b"=>"banana", "c"=>"apple");
ksort($fruits);
foreach ($fruits as $key => $val) {
 echo "$key = $val\n";
}
?>

Kamu bisa mengganti data array $fruit dengan apa saja. Dengan ini kamu tidak perlu menulis semuanya dari awal dan PHPbot diklaim 100% error-free.

PHPbot ini masih dalam tahap pengerjaan, jadi saya tidak menjamin seperti klaim di atas. Tetapi pengembangnya bekerja keras memperbaiki semua error yang ditemukan, jadi setiap bulannya menjadi semakin stabil dan bisa diandalkan.

Siapa pun yang baru mengenal PHP dapat menggunakan tool ini untuk mempelajari snippet kode. Setelah menginstal PHP secara lokal, kamu bisa mencoba membangun aplikasi sendiri.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...