Cara Belajar Programming Yang Lebih Cepat

Cara Belajar Programming Yang Lebih Cepat

Saat ini banyak yang tertarik untuk menjadi seorang programmer, namun setelah masuk kuliah dan belajar mengenai programming mereka menyadari bahwa belajar programming tidaklah mudah. Belajar programming atai ngoding merupakan pekerjaan yang cukup tangguh, kamu perlu kesebaran, kesungguhan dan ketekunan.

Jika kamu sedang belajar programming untuk pertama kalinya atau sedang berjuang untuk masuk kedunia kerja. Berikut ini adalah beberapa cara yang mungkin dapat membantu kamu untuk belajar programming dengan lebih cepat.

1. Latihan, Latihan dan Latihan

Baik kamu adalah mahasiswa jurusan ilmu komputer ataupun seseorang yang sedang belajar programming, maka kamu harus bersiap berteman dengan secangkir kopi. Karena kamu akan menghabiskan banyak malam dengan bergadang di depan komputer, kamu harus rajin mempraktekan langsung kode yang kamu baca. Jangan hanya membaca buku atau mengerti syntax, kamu harus langsung mempraktekannya.

Belajar koding sama seperti belajar bahasa baru. Kamu tidak dapat hanya mengerti aturannya saja, kamu harus mencoba mempraktekkannya dan latihan berulang-ulang.

2.Bermain Dengan Kode

Setelah kamu mengerti mengenai dasar bahasa programming, kamu bisa mulai belajar membuat kode kamu sendiri. Beli buku yang bagus atau belajar melalui tutorial online, dari sini kamu bisa mendapatkan banyak sampel kode yang bisa kamu pelajari dan coba kamu praktekkan. Kamu bisa mencoba untuk mengganti kode dan lihat bagaimana outputnya berubah. Setelah paham kamu bisa mulai coba membuat kode dari awal tanpa melihat buku.

3. Mengerti Error

Pastinya kita akan menemui banyak error ketika kita mencoba suatu kode, hal ini pasti akan kita alami entah itu syntax error ataupu error lainnya. Jangan mudah menyerah, kamu harus menjadi debugger yang hebat dan mengerti dimana kamu melakukan kesalahan serta pengaruhnya pada output. Untuk menjadi programmer yang hebat kamu harus mengerti kesalahan, baik penyebabnya atau akibatnya.

4. Bertanya Kepada Programmer Lain

Sambil mencari-cari materi programming di internet, kamu juga bisa daftar ke forum-forum tentang programming. Di forum ini kamu bisa bertanya kepada programmer yang lebih senior mengenai masalah yang kamu hadapi, tentunya adalah masalah mengenai koding. Untuk bertanya kamu harus menggunakan bahasa yang sopan.

5. Menulis Kode Dengan Tangan

Selain langsung mempraktekannya di komputer, kamu bisa untuk mencoba menulis kode-kode ini dikertas. Hal ini dapat membantu kamu untuk lebih mengerti syntax dan struktur bahasa programming. Jika kamu sudah memahami mengenai dasarnya, maka kamu akan mudah mengerti mengenai algoritma.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan PHP Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...