Cara Membuat Backup MySQL Dengan MySQLDump

Pada post kali ini kami akan membahas mengenai cara membuat backup MySQL untuk semua database yang ada di dalam server Linux menggunakan MySQLDump. Hal ini sangat berguna bagi kamu menggunakan distro Linux seperti CentOS, Ubuntu/Debian, dan yang menggunakan cPanel.

Membuat backup dari semua database kamu merupakan langkah terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menjaga semua data tetap tersimpan aman, meski ada serangan dari hacker atau kerusakan hardware atau software yang menyebabkan kehilangan data. Dengan backup kita bisa me-restore data dengan mudah.

Untuk MySQL, cara terbaik untuk membuat backup MySQL adalah dengan menggunakan tool mysqldump. MySQLDump memungkinkan kamu untuk melakukan dump pada semua database MySQL sebagai file SQL, yang dapat di-restore jika dibutuhkan.

Membuat Backup MySQL Untuk Single Database

Mari kita mulai dengan melakukan dumping data dalam SQL Format dengan MySQLDump untuk single database MySQL. Untuk melakukannya kita harus login sebagai root pada server dan jalankan command berikut ini:

mysqldump --opt -Q -u user -p database > /home/database.sql

Pastikan untuk mengganti ‘user’, ‘database’ dan ‘home/database.sql’ dengan nama asli dari username dan database MySQL, serta path direktori dimana kamu menyimpan file .sql.

Membuat Backup MySQL Untuk Semua Database

Untuk membuat backup MySQL semua database dan menyimpannya dalam satu file .sql bisa dengan cara.

Pada server cPanel, kamu bisa membackup semua database dan menyimpannya dalam satu file dengan menggunakan command berikut ini:

mysqldump --all-databases > /home/mysql-alldump.sql

Membuat Backup MySQL Secara Terpisah

Jika kamu butuh untuk membackup semua database, namun filenya dipisah per-database, kamu bisa menggunakan command berikut ini:

Pertama buat direktori tujuan untuk menyimpan file backup, misalnya saja:

mkdir /home/mysql-all
cd /home/mysql-all

Kemudian jalankan command loop untuk me-list semua database MySQL:

for db in $(mysql -B -s -u root -e 'show databases' | grep -v information_schema); do mysqldump -u root "$db" > "/home/mysql-all/$db.sql"; done

Lamanya proses ini tergantung dari seberapa cepat disk yang digunakan, serta seberapa besar ukuran dari setiap database.

Cara Me-restore File Dump .sql

Cara me-restore file dump .sql sama mudah prosesnya. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Restore single database bisa menggunakan command:

mysql database -u root < file.sql -f

Restore semua database bisa menggunakan command:

mysql -u root < mysql-alldump.sql -f

Yang perlu diingat jika kamu memiliki database yang besar, dan juga jika kamu menggunakan disk SATA atau IDE, maka prosesnya akan semakin lama.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan PHP Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...