Cara Memilih Perusahaan Webhosting yang Cocok untuk Hosting Website PHP

Memilih webhosting bukanlah pekerjaan mudah. Banyak perusahaan webhosting indonesia menawarkan kapasitas  besar dengan harga terjangkau. Namun, penawaran tersebut belum tentu mengindikasikan kualitas layanan perusahaan itu sendiri. Banyak perusahaan rela perang harga demi mendapatkan hati konsumen. Tidak sulit untuk mendapatkan layanan webhosting dengan kapasitas ratusan gigabyte yang ditawarkan dengan harga sangat miring. Jika Anda menemukan penawaran seperti ini, Anda perlu waspada. Bisa jadi infrastruktur server itu sendiri tidak bisa menjamin kualitas layanan hosting yang ditawarkan. Sebagai dampaknya, website Anda malah sulit diakses dan sering error.  Terkadang Anda harus rela membayar lebih untuk mendapatkan layanan yang benar-benar berkualitas. Tentu saja Anda harus lebih cermat dan cerdik saat memilih layanan tersebut. Kriteria apa sajakah yang harus dimiliki oleh perusahaan penyedia layanan webhosting terutama untuk hosting PHP?

Sebelum Anda melihat fitur yang ditawarkan perusahaan webhosting Indonesia, Anda harus menilai perusahaan itu sendiri. Dalam berbisnis online, Anda harus ekstra hati-hati karena Anda tidak bisa betemu secara fisik. Jika Anda tidak selektif dalam memilih perusahaan penyedia layanan hosting ini, kemungkinan besar Anda bisa kena tipu dengan mudah. Sebelum menentukan pilihan Anda, pilihlah perusahaan penyedia hosting yang jelas keberadaannya. Jangan mudah tergiur dengan harga murah. Perlu Anda ketahui, banyak penyedia hosting tidak memiliki badan usaha dan lokasi yang jelas. Jika Anda ingin mengajukan komplain, bisa dipastikan Anda tidak bisa menghubunginya dengan mudah. Jika perusahaan yang Anda pilih itu ‘abal-abal’, bisa jadi usianya hanya bertahan satu bulan dan hilang tanpa jejak. Memilih layanan hosting tidak bisa dilakukan asal-asalan karena faktor ini sangat mendukung performa website Anda. Sekalipun Anda belajar website untuk coba-coba, jangan pernah memilih perusahaan penyedia hosting yang tidak jelas keberadaannya maupun profesionalitasnya.

Setelah Anda bisa memilih perusahaan yang benar-benar profesional, Anda bisa membandingkan berbagai fitur atau keunggulan yang ditawarkan layanan hosting tersebut. Untuk mendapatkan fitur yang unggul, Anda memang harus rela mengeluarkan lebih banyak uang. Namun, kualitas tersebut setara dengan harga yang harus Anda bayar. Syarat yang harus dipenuhi oleh sebuah layanan hosting adalah:

Fitur hosting. Ketika Anda memilih layanan hosting tertentu, pastikan fiturnya bisa disesuaikan dengan website Anda. Tidak ada gunanya Anda membeli hosting dengan harga mahal jika Anda tidak bisa menjalanlan aplikasi di layanan tersebut. Penyedia layanan harus memberikan layanan aplikasi yang dibutuhkan web developer seperti PHP atau Perl. Fitur tersebut juga harus mendukung keamanan data. Jika Anda mendapatkan fitur antivirus atau antispam, Anda bisa menikmati keamanan lebih.

Support. Jika Anda memilih layanan tertentu untuk website PHP, pastikan fasilitas dan infrastruktur perusahaan tersebut benar-benar bisa mendukung layanan hostingnya. Anda mengeluarkan uang untuk membayar layanan tersebut dan Anda harus mendapat support yang memadai untuk mendukung website Anda.

Back Up. Anda perlu mendapatkan jaminan bahwa data Anda tersimpan dengan aman. Fitur back up data tersebut bisa membantu Anda ketika kehilangan data penting. Fitur ini sangat penting untuk menjada data yang sensitif.

Stabilitas. Server stabil bisa menjamin kualitas layanan yang diberikan. Jika Anda ingin membeli layanan khusus untuk website PHP, pilihlah perusahaan yang mau menjamin stabilitas server. Hal ini perlu diprioritaskan untuk mencegah adanya error atau down. Jika Anda benar-benar menginginkan kualitas layanan untuk website PHP, pilihlah layanan PHP hosting yang  stabil.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.