Cara Menemukan Password Root di MySQL 5.7

Cara Menemukan Password Root di MySQL 5.7

Dimana kita bisa menemukan password root di MySQL 5.7? Pada artikel kali ini saya akan menunjukan cara untuk menemukan password root di MySQL 5.7.

Password Root di MySQL 5.7

Tidak seperti versi sebelumnya, secara default MySQL 5.7 secara otomatis membuat password root sementara. Dan jika kamu datang dari versi MySQL sebelumnya kamu harus tahu bahwa versi yang lebih lama kamu adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengkonfigurasi password root MySQL.

MySQL 5.7 membuat password root untuk kamu, dan itu adalah sesuatu yang banyak pengguna mengeluh tentangnya.

Cara Menemukan Password Root di MySQL 5.7

Pengguna CentOS / RedHat

Jika kamu menggunakan instalasi rpm MySQL di CentOS / RedHat, password root di set pada saat instalasi. Password root MySQL 5.7 akan disimpan di dalam MySQL error log.

Mari kita lihat error log di file /etc/my.cnf:

grep error -i /etc/my.cnf

Kamu harus menemukan sesuatu seperti dibawah ini:

log-error=/var/log/mysqld.log

Setelah tahu path error log MySQL kamu, sekarang lihat apakah password root MySQL 5.7 ada di sana atau tidak:

grep "temporary password" /var/log/mysqld.log

Jika ada password-nya:

2017-07-14 [Note] A temporary password is generated for [email protected]: 90ad)qs89DKJ

Pengguna Debian / Ubuntu

Tidak seperti di CentOS / RHEL, di distro ini kamu akan diingatkan untuk membuat password root. Jika kamu melakukannya, kamu pastinya sudah tahu passwordnya. Jika kamu tidak men-set password ketika ditanya, maka MySQL akan dibuat tanpa password root. Disarankan untuk segera membuat password root.

Kesimpulan

MySQL 5.7 memperkenalkan banyak peningkatan keamanan server. Pada kasus ini jika lupa akan password root, hal ini tentunya dapat membuat kamu pusing. Namun kini, kamu dapat menemukan password root di MySQL 5.7.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan dengan yang menarik.

You may also like...