Cara Upate Node Js Versi Terbaru

Cara Upate Node Js Versi Terbaru

Dengan begitu banyak proyek open source, Node.js merupakan salah satu proyek yang berkembang dengan sangat cepat. Update minor dirilis setiap minggu untuk meningkatkan keamanan dan juga stabilitasnnya.

Maka kali ini kami menulis artikel mengenai cara untuk mengupdate Node Js di berbagai sistem operasi Linux, Windows dan macOS.

1. Cara Update Node Js dengan Node Version Manager

Node Version Manager atau NVM, merupakan metode yang paling bagus untuk mengupdate Node. Kamu membutuhkan C++ compiler, dan juga build-essential dan libssl-dev packages. Jalankan update terlebih dahulu, kemudian dapatkan paket:

sudo apt-get update
sudo apt-get install build-essential checkinstall libssl-dev

Untuk menginstall atau mengupdate NVM, kamu bisa memasangnya dengan menggunakan script dengan menggunakan cURL:

curl -o- https://raw.githubusercontent.com/creationix/nvm/v0.32.1/install.sh | bash

Kamu haru menutup terlebih dahulu dan baru membuka terminal kembali, kamu bisa mengetahui apakan proses instalasi berjalan sukses. Dengan mengetik command -v nvm. Akan ditampilakn output NVM jika semua berjalan lancar.

Untuk mengecek versi node yang digunakan bisa mengetik nvm 1s.

2. Cara Update Node JS dengan Package Manager

Jika NVM bukan untuk kamu, mungkin package manager cocok buat kamu. Node package manager atau NPM, dapat membantu kamu untuk menemukan, membagi dan menggunakan kode.

Node datang dengan NPM, tetapi manager lebih sering diupdate secara berkali dari Node. Jalankan perintah npm -v untuk melihat versi yang digunakan, lalu ketik npm install [email protected] -g untuk memasang update NPM terbaru. Jalankan kembali npm -v¬†untuk memastikan apakah telah diupdate.

Untuk mengupdate Node, kamu perlu memasang module n. Jalan kode ini untuk membersihkan cache NPM, memasang module n dan menginstall Node versi terbaru.

sudo npm cache clean -f
sudo npm install -g n
sudo n stable

3. Cara Update Node JS (Ubuntu/Linux/Debian/CentOS) dengan Binary Packages

Download file Linux Library versi 32bit atau 64bit dari situs resmi Node.js. Kamu bisa mendownloadnya dari browser, tetapi disarankan melalui console. Untuk mendownloadnya ketik perintah.

wget https://nodejs.org/dist/v6.9.2/node-v6.9.2-linux-x64.tar.xz

Atau lihat versi terbaru Node.js yang tersedia.

Untuk men-unpack file, kamu memerlukan tool xz-utils. Jalankan perintah sudo apt-get install xz-utils. Selanjutnya ketik kode ini untuk memasang binary package di usr/local.

tar -C /usr/local --strip-components 1 -xJf node-v6.9.2-linux.x64.tar.xz

4. Cara Update Node JS Windows dan MacOS

Untuk update node JS di perangkat PC dengan sistem operasi Windows atau MacOS lebih mudah. Kamu tinggal mendownload installernya dari situs resmi Node.js, .msi untuk Window dan .pkg untuk macOS. Setelah mendownloadnya tingal menjalankan installer untuk menjalankan instalasi atau update.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan PHP Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...