Extension PHP: Perbedaan MYSQL dan MYSQLI

Extension PHP: Perbedaan MYSQL dan MYSQLI

Extension PHP: Perbedaan MYSQL dan MYSQLI

Extension PHP: Perbedaan MYSQL dan MYSQLI

Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang MYSQL dan MYSQLI dalam extension PHP. Seperti yang sudah kita ketahui, penggunaan MYSQL extension tidak lagi direkomendasikan (deprecated). Versi baru dari extension tersebut adalah MYSQLI. Extension MYSQLI hadir dengan dua jenis rasa, procedural dan object oriented.

Perbedaan MYSQL dan MYSQLI

MYSQLI merupakan kependekan dari MYSQL Improved extension. Seperti yang terlihat dari namanya, extension PHP ini merupakan versi perbaikan dan penambahan dari extension MYSQL sebelumnya yang umum digunakan. Extension PHP MYSQLI dibuat dengan tujuan untuk mendukung fitur-fitur terbaru dari MYSQL server versi 4.1 ke atas.

Terhitung sejak PHP versi 5.5, extension MYSQL tidak lagi disarankan penggunaannya dan berstatus deprecated, yang berarti mungkin akan dihapus pada PHP versi berikutnya. Kita disarankan untuk mulai beralih menggunakan MYSQLI atau PDO.

Secara garis besar, tidak ada perbedaan mencolok antara MYSQL extension dengan MYSQLI extension. Nama-nama fungsi di dalam MYSQLI sebagian besar mirip dengan apa yang telah dipelajari pada extension PHP sebelumnya, MYSQL.

Sebagai contoh, untuk membuat koneksi dengan MYSQL server, di dalam MYSQL kita menggunakan fungsi mysql_connect(), sedangkan di dalam MYSQLI, kita menggunakan mysqli_connect(). Begitu juga dengan fungsi lain seperti mysql_query() menjadi mysqli_query().

Selain menambah huruf i di dalam nama fungsi, argumen-argumen yang dibutuhkan juga hampir mirip. Perbedaannya, jika di dalam extension PHP MYSQL kita meletakkan argumen resources di akhir fungsi, maka di dalam MYSQLI, argumen ini diteletakkan di awal.

MYSQL style: Procedural dan Object Oriented

Agar proses migrasi dari MYSQL ke MYSQLI tidak terlalu menyusahkan, PHP memberikan dua alternatif cara penulisan MYSQLI:

• Cara yang pertama adalah menggunakan procedural style. Cara ini mirip dengan extension MYSQL, di mana kita menggunakan fungsi-fungsi untuk mengakses database MYSQL.

• Cara kedua adalah dengan object oriented style. Dengan cara ini, kita menggunakan aturan penulisan pemrograman objek untuk berkomunikasi dengan MYSQL.

Kedua jenis style pemrograman MYSQLI ini menggunakan nama fungsi dan metode yang kurang lebih sama. Demikianlah sedikit ulasan mengenai extension PHP–MYSQL dan MYSQLI. Semoga bermanfaat.

Banyak pemilik website PHP yang selalu saja berasumsi bahwa mereka tidak perlu khawatir akan masalah keamanan pada websitenya sendiri. karena mereka berpikir hanya website besar dengan jutaan pengunjung yang akan diserang. Padahal, hacker diluar sana mencoba untuk memaksa masuk ke website besar ataupun kecil. Untuk itu kamu harus selalu menjaga keamanan website kamu.

Karena sering kali orang-orang menyepelekan web hosting untuk websitenya, yang berujung websitenya lemot untuk diakses. Maka dari itu, pastikan Anda memilih web hosting yang memiliki kecepatan server dan kecepatan internet yang sangat cepat. Sehingga website Anda dapat diakses dengan cepat oleh pengunjung.

Selain itu, pastikan keamanan juga tak kalah diutamakan. Karena keamanan data Anda dalam server web hosting menjadi taruhan nyawa website Anda supaya tetap berjalan. Maka dari itu, pilih web hosting yang memiliki keamanan server yang sangat ketat dengan sistem keamanan yang berlapis sampai ke anti virus yang mampu menghalau segala macam virus.

Itu lah alasan kenapa Anda harus memilih Jakartawebhosting.com

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi //www.jakartawebhosting.com yang menyediakan layanan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

Posted

You may also like...