Faktor Penting Sebelum Memilih Web Hosting

Faktor Penting Sebelum Memilih Web Hosting

Seperti memilih hal lainnya, memilih web hosting yang ingin kita gunakan bisa membuat kita pusing. Hampir semua perusahaan hosting menjanjikan waktu uptime hingga 99%, sumber daya unlimited, dan dukungan technical support yang handal. Ini semua bisa menjadi jargon, jadi kita perlu mencari tahu sebelum memutuskan untuk memilihnya. Kali ini saya akan membahas beberapa faktor penting sebelum memilih web hosting.

1. Harga

Harga menjadi aspek penting bagi kita untuk memilih penyedia web hosting, tetapi jangan menjadikannya sebagai faktor penentu. Harga termurah memang sangat bagus terutama bagi kita yang memiliki budget terbatas, tetapi memilih yang termurah bukanlah ide yang bagus. Harga yang murah tentunya kurang menawarkan fitur-fitur yang kita inginkan. Jadi perhatikan harga paketnya dan apa saja yang ditawarkannya.

2. Spesifikasi Teknis

Pertama kamu harus tahu tentang website kamu, apa yang kamu ingin lakukan. Jika website kamu hanya blog memilih paket hosting murah tidak menjadi masalah. Tetapi jika website kamu kaya akan konten foto dan video, atau merupakan toko online, maka paket hosting yang murah bukan solusi. Karena paket murah (shared hosting) tidak memiliki RAM dan prosesor, dan juga kapasitas disk spacenya sangat kecil, kamu mungkin akan sering mengalami downtime atau masalah load.

Pastikan website yang kamu inginkan, dan cari paket hosting dengan spesifikasi teknis yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

3. Dukungan Teknikal

Jika website kamu down, kemana kamu harus menghubungi? Penyedia web hosting yang baik akan menyediakan dukungan teknis yang sangat bagus. Penyedia web hosting yang bagis menyediakan dukungan melalui chat online, email, telepon 24 / 7, dan sistem ticket untuk membantu menangani masalah yang dihadapi pelanggan.

4. Fitur Tambahan / Add-on

Area ini juga dapat menjadi pertimbangan, hal ini dapat membuat penyedia web hosting menjadi spesial dan lebih menarik pelanggan, Fitur tambahan bisa berupa lokasi data center yang berlokasi di beberapa wilayah, menggunakan praktek energy-saving, menyediakan layanan backup reguler, menawarkan domain gratis, menawarkan fitur keamanan dan lain sebagainya. Cara fitur atau add-ons yang sesuai dengan kebutuhan website kamu.

5. Reputasi

Sebelum memutuskan memilih web hosting, ada baiknya kamu mencari tahu mengenai reputasi dari perusahaan penyedia web hosting incaran kamu. Cari tahu apakah mereka ada akun media sosial, dan lihat review dari pelanggan, lihat juga apakah ada banyak keluhan dari pelanggan.

6. Control Panel

Cari penyedia hosting yang menggunakan control panel, untuk memudahkan kita melakukan hal seperti menginstall CMS seperti WordPress, men-setup database, backup dan restore, men-setting email dan lainnya sebagainya. cPanel dan Plesk merupakan control panel yang popular dan memudahkan pengguna untuk melakukan hal-hal tersebut.

7. Skalabilitas

Satu hal lainnya yang dapat menjadi bahan pertimbangan adalah ruang untuk berkembang. Pastinya kamu menginginkan website kamu berkembang dan semakin menarik banyak pengunjung. Apakah perusahaan hosting dapat mengakomodir hal ini. Cari tahu apakah penyedia web hosting memiliki paket untuk VPS atau Cloud atau dedicated server, sehingga kita bisa dengan mudah untuk upgrade ke paket yang lebih tinggi.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan dengan yang menarik.

You may also like...