Fungsi PHP: Pembuatan Default Parameter

Fungsi PHP: Pembuatan Default Parameter

Fungsi PHP

Fungsi PHP

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang salah satu fungsi PHP yaitu pembuatan default parameter. Default parameter adalah istilah untuk parameter yang memiliki nilai awal atau nilai default. Sebagai contoh, Anda membuat fungsi sederhana yaitu tambah(). Fungsi ini membutuhkan dua buah parameter, yakni nilai yang ingin ditambahkan. Berikut adalah contoh programnya:

<?php
function tambah($a,$b)
{
   return $a+$b;
}
echo tambah(2,3); // hasil: 5
echo tambah(3,4); // hasil: 7
?>

Dengan menambahkan default parameter, kita bisa memanggil fungsi tambah() hanya dengan satu inputan angka, atau bahkan tidak perlu sama sekali. Berikut adalah perubahannya:

<?php
function tambah($a,$b=2)
{
   return $a+$b;
}
echo tambah(2); // hasil: 4
echo tambah(10); // hasil: 12
echo tambah(4,4); // hasil: 8
?>

Perhatikan di dalam pembuatan fungsi, parameter kedua menjadi $b=2. Jika parameter $b tidak ditulis pada saat pemanggilan fungsi, nilai 2 akan dijadikan nilai awal. Dengan nilai default ini, kita bisa merancang fungsi dengan parameter yang bersifat opsional. Parameter tersebut bisa diisi pada saat pemanggilan fungsi, namun boleh juga diabaikan. Sehingga jika fungsi dipanggil tanpa parameter, nilai ini akan menjadi nilai awal untuk fungsi tersebut.

Fitur default parameter bisa dimanfaatkan untuk membuat fungsi yang fleksibel, karena pada saat pemanggilan fungsi kita tidak harus menginputkan seluruh parameter, tetapi apa yang dianggap perlu saja. Selain itu, untuk membuat default parameter, kita hanya perlu memberikan nilai awal pada saat pendefenisian parameter.

Sebuah fungsi tidak dibatasi berapa banyak default parameter yang boleh digunakan, namun jika Anda ingin membuatnya, dan pada fungsi yang sama juga menggunakan parameter biasa, maka harus diletakkan di akhir pendefenisian parameter. Dengan kata lain, setelah pendefinisian parameter dengan nilai default, tidak boleh ada parameter reguler sesudahnya.

Presented By Jakartawebhosting.com

JakartaWebHosting

JakartaWebHosting

You may also like...