Fungsi PHP: Pengertian Variable Parameter

Fungsi PHP: Pengertian Variable Parameter

Fungsi PHP: Pengertian Variable Parameter

Fungsi PHP: Pengertian Variable Parameter

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang variable parameter dalam fungsi PHP. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa dalam PHP, terdapat ratusan fungsi yang tersedia melalui berbagai ekstensi tambahan PHP. Fungsi-fungsi tersebut didokumentasikan dalam dokumentasi PHP dengan berbagai tingkat pengembangan.

Lalu, apa itu variable parameter? Variable parameter merupakan sebuah fitur dalam PHP di mana kita bisa membuat fungsi dengan jumlah parameter yang bisa berubah-ubah (variable). Umumnya, sebuah fungsi membutuhkan parameter yang telah ditentukan sebelumnya. Namun dengan beberapa fungsi khusus, PHP membolehkan kita untuk membuat fungsi dengan jumlah parameter yang tidak dibatasi.

Pembuatan Fungsi PHP dengan Variable Parameter

Sebuah fungsi dengan jumlah parameter yang tidak diketahui, nampaknya agak aneh, namun fleksibilitas ini dapat digunakan untuk kasus-kasus pemograman khusus.

Sebagai contoh, Anda akan membuat fungsi penambahan(), di mana fungsi ini akan menambahkan seluruh angka yang terdapat di dalam argumennya. Misalnya penambahan(2,6,8) akan menghasilkan 16, dan penambahan(1,2,3,4,5,6) akan menghasilkan nilai 21. Kemudian, Anda menginginkan fungsi ini mendukung berapapun jumlah argumen. Fungsi tersebut akan mengunakan fitur variable parameter.

Untuk membuat sebuah fungsi dengan jumlah parameter yang tidak diketahui, PHP menyediakan tiga fungsi tambahan untuk mengakses argumen yang diinput pada saat fungsi dipanggil. Ketiga fungsi tersebut adalah:

  • func_get_args(): fungsi ini akan mengembalikan seluruh nilai argumen dalam sebuah fungsi. Hasilnya dalam bentuk array.
  • func_num_args(): fungsi ini akan mengembalikan banyaknya jumlah argumen dalam pemanggilan fungsi, apakah satu argumen, tiga argumen, atau sepuluh argumen.
  • func_get_arg(no_urut_argumen): fungsi ini akan mengembalikan nilai dari argumen pada nomor urut yang diberikan kepadanya.

Demikianlah mengenai variable parameter dalam fungsi PHP. Jika Anda ingin lebih dalam mengetahuinya, Anda bisa membeli buku referensi dan mencobanya sendiri. Semoga bermanfaat.

Presented By Jakartawebhosting.com

JakartaWebHosting

JakartaWebHosting

You may also like...