Google Rilis Blockly 1.0 Untuk Android dan iOS

Google Rilis Blockly 1.0 Untuk Android dan iOS

Selama lima tahun terakhir, banyak developer telah menciptakan ratusan proyek dengan Blockly, open source library untuk membuat pengalaman coding berbasik block. Library ini telah digunakan mulai dari platform pendidikan seperti Code.org ke perangkat elektronik seperti littleBits dan bahkan tool pembuatan aplikasi Android seperti MIT App Inventor. Tahun lalu, Google telah mengumumkan berkolaborasi dengan Scratch Team untuk mengembangkan Scratch Black – port dari Blocky yang dioptimalkan untuk membuat aplikasi coding untuk anak-anak.

Dan sekarang, Google menyelesaikan versi 1.0 dengan merilis Blockly 1.0 untuk platform Android dan iOS. Versi ini memiliki semua yang perlu digunakan secara natif pada perangkat mobile pengguna, termasuk:

– Blocky standard UI
– Custom block, toolbox categories dan layout
– Function, variable, mutator, dan extension
– Code generation di JavaScript, Python, Dart, PHP dan Lua
– Dukungan internasionalisasi (termasuk untuk bahasa RTL).

Sambil merilis versi baru Blockly 1.0 yang dirilis untuk platform Android dan iOS, Google juga mengatakan telah melakukan beberapa pembaruan pada proyek web selama enam bulan terakhir. Google telah melakukan perbaikan besar terhadap kinerja dan pengujian, menambahkan API yang terstruktur, dan membuat dukung sentuhan yang lebih baik untuk web selular. Selain itu, Google telah memperbaiki dukungan pda Internet Explorer dan Edge; Blockly sudah didukung penuh pada Internet Explorer 10 atau lebih baru.

Google telah melakukan banyak pembaharuan pada pengembangan lintas platform juga. Semua block sekarang dapat didefinisikan oleh JSON, yang memungkinkan satu kumpulan definisi blovk untuk digunakan di platform web, iOS dan Android.

Untuk segera memulai menggunakan Blockly 1.0 bisa langsung mengunjungi iOS Codelab (untuk Android segera menyusul). Untuk belajar lebih lanjut mengenai Blocky bisa langsung mengunjungi developer site Google.

 

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan dengan yang menarik.

You may also like...