Kenapa Kamu Harus Mempelajari Java

Kenapa Kamu Harus Mempelajari Java

Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi object (OOP) tingkat tinggi dan platform komputasi yang dikembangkan oleh Sun Microsystem dan dirilis pada tahun 1995 silam. Dengan lebih dari 9 juta developer di seluruh dunia, Java memungkinkan kita untuk mengembangkan dan menerapkan layanan dan aplikasi.

Dari laptop hingga data center, dari konsol game hingga super komputer, dan dari ponsel hingga internet, Java banyak digunakan dimana saja.

Kenapa Harus Memilih Java?

Meski ada banyak alasan kenapa software developer memilih Java, dibawah ini adalah beberapa alasan yang paling popular:

  1. Mengembangkan software pada satu platform dan menerapkannya secara virtual pada beberapa platform lain.
  2. Membuat program yang dapat berjalan di web browser dan akses layanan web tersedia.
  3. Mengembangkan aplikasi server-side seperti online store, polling, galeri gambar, form processing dan masih banyak lagi.
  4. Membuat aplikasi untuk ponsel dan perangkat lainnya. Saat ini sistem operasi yang paling popular Android, memiliki aplikasi yang dibangun dengan Java.

Java Runtimes Environment (JRE) menyediakan engine run-time Java Virtual Machine (JVM) bersama dengan class libraries yang berisi fungsi yang sudah ditentukan.

Menggunakan Java Development Kit (JDK), programmer dapat membuat dan menjalan program Java. Tetapi dengan JRE sendiri, programmer atau pengguna hanya dapat menjalankan program Java yang sudah di-compiled. Kita tidak bisa membuat program Java hanya menggunakan JRE.

Spesifikasi JVM merupakan dokumen yang berisi informasi formal mengenai implementasi JVM. Spesifikasi single memungkinkan implementasi yang saling terkait.

Apa yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Bergerak Lebih Jauh?

Meskipun tidak ada rincian teknis tentang bahasa pemrograman yang diperlukan, kamu harus memiliki pengetahuan mengenai konsep dasar seperti apa itu program, pemrograman, menggunakan bahasa pemrograman dan lainnya. Ada banyak tutorial di internet yang bisa kamu cari untuk mengerti semua konsep.

Meskipun tidak ada keharusan untuk mengetahui bahasa pemrograman lainnya, kenal dengan bahasa C atau C++ dapat membantu kamu lebih mudah untuk mempelajari konsep Java dengan lebih cepat.

 

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan dengan yang menarik.

You may also like...