Kenapa Pengembang Membutuhkan Framework PHP?

Kenapa Pengembang Membutuhkan Framework PHP

PHP merupakan bahasa pemrograman website yang paling popular, dan menjadi pendukung dibalik 80% website dan aplikasi web yang ada di internet. PHP mendapatkan kesuksesannya karena memiliki kekhasan untuk memfasilitasi pengembang website modern.

Tingkat adopsi PHP sebagai bahasa pemrograman sangat tinggi karena fleksibilitasnya, pemrograman pada sisi server dan kemudahan dalam pembelajaran syntax-nya, serta kemampuan integritas dengan bahasa pemrograman lain.

Kenapa Pengembang Web Harus Menggunakan Framework PHP?

Sayangnya fleksibilitas PHP mengakibatkan pada kode menjadi ramping, serampangan dan tidak terstruktur. Oleh karena itu, proses pengembangan web PHP memakan waktu dan biaya yang mahal.

Untuk mengurangi masalah tersebut, komunitas pengembang PHP telah mengembangkan beberapa framework yang menawarkan teknologi inovatif, tool yang berguna, arsitektur dan metodologi coding yang dapat memudahkan programer atau desainer PHP mengembangkan website. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari menggunakan Framework PHP:

Kecepatan

Framework PHP dapat membantu untuk mempercepat proyek pengembangan PHP melalui koding yang terstruktur dan tool untuk menghindari koding yang berulang untuk module dan kompone generik. Programmer PHP dapat menggunakan komponen generik berulang kali pada beberapa proyek hanya dengan satu kali pengembangan.

Kebanyakan framework PHP mengikuti paradigma MVC, yang memisahkan antara desain atau presentasi dari logika aplikasi. Hal ini memungkinkan desainer PHP dan programmer PHO untuk bekerja pada proyek yang sama secara simultan dan tanpa ada konflik. Dengan kolaborasi seperti ini dapat mempercepat proses pengembangan.

Skalabilitas

Framework PHP dibangun dengan fondasi struktural yang satu, jadi menawarkan skalabilitas dan stabilitas. Framework mengikuti standar tinggi pengembangan, membuat kode tetap terorganisir, dan proses maintenance menjadi lebih baik. Dan juga dapat memberikan ruang kepada aplikasi untuk berkembang dan berevolusi di masa depan tanpa kendala apapun.

Keamanan

Framework PHP memiliki fitur keamanan out-of-box dan tool untuk mendukung teknologi keamanan terbaru, dan integrasi aplikasi/API/tool keamanan pihak ketiga.

Mendukung Programming Modern

Praktek pengembangan web modern menggunakan object-oriented programming (OOP), dan kebanyakan framework mendukung hal ini.

10 Framework PHP Yang Paling Banyak Digunakan

Berikut ini adalah daftar 10 framework yang paling banya digunakan di dunia, menurut Github 2015:

  1. Laravel (22.7% Market share)
  2. Symfony (15.1%)
  3. CodeIgniter (14.4%)
  4. CakePHP (8.6%)
  5. Zend (7.8%)
  6. Phalcon (7.7%)
  7. Slim (7.1%)
  8. Yii (6.7%)
  9. Fat-Free (2.3%)
  10. Kohana (2.2%).

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan PHP Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...