Kotlin Bahasa Pemrograman Baru Untuk Android

Kotlin Bahasa Pemrograman Baru Untuk Android

Pada acara tahunan Google I/O, tim pengembang Android memperkenalkan Kotlin yang akan menjadi bahasa pemrograman resmi Android. Hal ini tentunya merupakan kabar yang sangat bangun untuk pengembang aplikasi Android dan juga komunitasnya.

Untuk pengembang Android, Kotlin mendukung perubahan bagaimana menggunakan bahasa yang modern dan powerful, membantu memecahkan masalah umum yang bisa membuat sakit kepala seperti runtime exception dan source code verbosity. Pemrograman Kotlin mudah untuk dimulai dan dapat diperkenalkan secara bertahap ke dalam proyek yang ada, yang berarti bahwa keahlian dan investasi teknologi saat ini tetap terpelihara.

Mulai saat ini, Android Studio 3.0 hadir dengan Kotlin, yang berarti pengembang Android tidak perlu lagi meng-install tambahan apapun atau khawatir dengan kompatibilitasnya. Hal ini juga berarti bahwa pengembang harus bergerak maju, kamu bisa yakin bahwa JetBrains dan Google akan mendukung pengembangan Android dalam bahasa pemrograman Kotlin.

Selain itu Kotlin juga mendukung untuk platform lainnya seperti Kotlin/JVM untuk server dan desktop, Kotlin/JS dan Kotlin/Native. Google mempunyai visi untuk membuat Kotlin sebagai alat yang seragam untuk pengembangan end-to-end dari berbagai aplikasi yang menjembatani beberapa platform aplikasi dengan bahasa yang sama. Hal ini termasuk aplikasi web full-stack, klien Android dan iOS, embedded/IoT dan banyak layanan lainnya.

Bahasa pemrograman seperto bahasa manusia, semakin banyak orang berbicara bahasa tersebut, semakin baik. Dukungan kelas satu di Android kemungkinkan akan membawa lebih banyak basis pengguna ke bahasa pemrograman ini, dan mereka mengharapkan komunitasnya akan tumbuh secara signifikan. Ini berarti lebih banyak library dan tool yang dikembangkan di/untuk Kotlin, lebih banyak pengalaman yang dibagi, lebih banyak lowongan pekerjaan terkait bahasa ini, lebih banyak material yang dipublikasikan dan sebagainya. Mereka sangat antusias melihat ekosistem Kotlin yang berkembang.

Kotlin akan terus memiliki siklus rilis yang independen dari Android atau Android Studio. Namun tentunya akan ada kerjasama yang erat antara tim produk untuk memastikan bahasa pemrograman baru ini selalu bekerja dengan benar di Android Studio. Mereka juga memiliki rencana untuk mendukung kedua sistem ini dengan Kotlin/Native dan tidak ada yang berubah dalam hal ini.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan dengan yang menarik.

You may also like...