Langkah-langkah Menjadi Programmer PHP

Langkah-langkah Menjadi Programmer PHP

Langkah-langkah Menjadi Programmer PHP

Langkah-langkah Menjadi Programmer PHP

Mungkin ada di antara kalian yang ingin menjadi programmer PHP, tetapi masih bingung bagaimana cara memulainya. Jangan khawatir, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips awal jika Anda ingin menjadi programmer PHP. Yuk, simak!

1. Mengenal PHP secara garis besar

Langkah pertama untuk menjadi programmer PHP adalah mengenal PHP secara garis besar. Anda harus tahu dulu apa itu PHP, siapa pendirinya, tahun berapa PHP mulai dikembangkan, latar belakang munculnya PHP, apa gunanya PHP, dan teknologi-teknologi yang berhubungan dengan PHP. Seorang programmer yang baik penting untuk mengetahui sejarah maupun latar belakang bidang yang digelegutinya.

2. Mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan PHP

Langkah berikutnya untuk menjadi seorang programmer PHP adalah Anda harus mengetahui semua hal yang berkaitan dengan PHP, salah satunya adalah HTML. Saat ini, terdapat beberapa versi HTML. Untuk mempelajari HTML, sebaiknya tidak langsung ke HTML 5, tetapi mempelajari elemen-elemen dasar bawaan dari HTML 4.0 terlebih dahulu.

Berkaitan dengan HTML, terdapat beberapa teknologi lain yang tidak bisa hidup tanpa HTML seperti CSS atau Javascript. Itu semua juga harus Anda pelajari karena HTML tanpa CSS adalah seperti nasi tanpa lauk. Dari HTML, CSS, dan Javascript, Javascript adalah yang paling sulit dipelajari karena sudah merupakan bahasa pemrograman tersendiri. Ditambah lagi saat ini ada library Javascript bernama jQuery. Anda bisa mempelajari semuanya lewat buku maupun situs seperti w3schools.com.

3. Memiliki program-program untuk mengutak-atik PHP

Sesungguhnya belajar PHP sudah dimulai sejak Anda membaca tulisan-tulisan di atas. Akan tetapi, Anda baru benar-benar bisa belajar PHP jika sudah membuat sebuah program. Untuk itu, sebagai programmer PHP, membuat program PHP wajib hukumnya. Anda harus mempersiapkan sebuah web server, PHP itu sendiri, dan database server.

Sebagai programmer PHP pemula, Anda bisa menginstall satu saja paket software yang sudah jadi. Terdapat dua pilihan, yaitu XAMPP atau Appserv. Jika Anda sudah menginstall XAMPP, maka secara otomatis Anda sudah memiliki Apache, MySQL dan PHP pada komputer Anda.

4. Pelajari PHP

Untuk menjadi seorang programmer PHP, langkah berikutnya adalah mengetahui seluk-beluk PHP dan membuat programnya. Paling tidak, Anda sudah mengetahui tentang:

• Lokasi penempatan file-file website PHP yang akan Anda buat. Yaitu defaultnya di C:/xampp/htdocs jika menggunakan XAMPP, C:/appserv/www jika menggunakan appserv. Kalau menggunakan IIS.
• Kode program untuk menampilkan tulisan hello world: <html><head><title>Program Hello World</title></head><body><?php echo “Hello World”; ?> </body></html>. *Untuk mencoba, copy teks dari <html> sampai </html> ke dalam notepad, dan simpan dengan nama hello.php ke dalam C:/xampp/htdocs/hello.php.
• Untuk menjalankan atau melihat hasil dari program PHP yang dibuat, masuk ke browser dan ketikkan “localhost/nama/file/script/yang/dibuat.php”, misalkan “localhost/hello.php” pada contoh di atas.
• Untuk mengelola database, gunakan phpmyadmin. Jika menggunakan xampp atau appserv, cukup ketik localhost pada browser dan cari link yang ada tulisan “phpMyAdmin”nya.
• Jika gagal menjalankan prosedur di atas, coba ganti tulisan localhost dengan 127.0.0.1.

Demikianlah langkah-langkah awal yang bisa Anda lakukan jika ingin menjadi seorang programmer PHP. Semoga bermanfaat.

You may also like...