Lebih Dekat dengan Database Model

Lebih Dekat dengan Database Model

Lebih Dekat dengan Database Model

Lebih Dekat dengan Database Model

Apa itu database model? Ada baiknya, kita mengenal terlebih dahulu pengertian dari database. Menurut Wikipedia, database adalah kumpulan data yang terorganisir. Tidak peduli apakah data ini tersimpan dalam bentuk kertas atau file komputer, selama data tersebut tersusun dalam aturan tertentu, dapat disebut sebagai database. Namun jika kita menyebut database, hal ini merujuk pada kumpulan data yang disimpan secara elektronik dalam komputer.

Lalu, apa yang dimaksud dengan database model? Seperti yang dilansir dari Wikipedia A database model is the theoretical foundation of a database and fundamentally determines in which manner data can be stored, organized, and manipulated in a database system. Yang berarti database model adalah teori seputar bagaimana data itu akan disimpan, disusun, dan dimanipulasi dalam sebuah sistem database.

Sekitar tahun 1960-an saat database sudah mulai beredar, berbagai teori database berkembang yaitu tentang bagaimana cara menyajikan data agar mudah digunakan (CRUD: Create, Read, Update and Delete). Setelah itu, berbagai database model mulai berkembang seperti Flat model, Hierarchical model, Network model, hingga Relational model.

Database Relation

Konsep Relational Database Model diajukan pertama kali oleh peneliti IBM, Dr. Edgar F. Codd pada tahun 1969, dan merupakan database yang paling banyak digunakan saat ini.

Dr. Codd pada awalnya mencari cara baru untuk menangani data dalam jumlah besar. Namun karena keterbatasan pada hierarchical dan network model yang umum digunakan saat itu, ia menerapkan prinsip matematis dalam menyusun data-data tersebut. Dan karena memang memiliki keahlian di bidang Matematika, Dr.Codd berusaha mencari cara untuk meyelesaikan permasalahan yang sering timbul saat itu, seperti redudansi data, hubungan antar data, dan ketergantungan kepada urutan di media penyimpanan.

Dr.Codd mengajukan ide tentang relational model ini dalam sebuah paper berjudul “A Relational Model of Data for Large Shared Databanks” pada Juni 1970. Relational Model inilah yang paling populer dan banyak diimplementasi dalam berbagai aplikasi database saat ini, termasuk Oracle dan MySQL. Aplikasi database untuk relational model, dikenal juga dengan Relational Database Management Systems (RDBMS).

You may also like...