Membangun Website dengan PHP dan MYSQL

Membangun Website dengan PHP dan MYSQL

Membangun Website dengan PHP dan MYSQL

Membangun Website dengan PHP dan MYSQL

PHP dan MYSQL adalah salah satu bahasa pemrograman dan database untuk membuat sebuah website yang dapat menampilkan halaman-halaman web dengan informasi yang selalu terupdate serta memiliki kemampuan untuk dapat berinteraksi dengan user.

Untuk dapat membuat website dengan PHP dan MYSQL, Anda pelu memahami terlebih dahulu apa itu PHP dan MYSQL. PHP adalah perangkat lunak open source (gratis) yang bisa mendukung kebanyakan database (MYSQL, Informix, Solid, dll). PHP juga merupakan bahasa skrip server side yang didukung hampir semua sistem operasi (OS).

Sedangkan MYSQL adalah sistem manajemen database yang populer, yang bisa diaplikasikan dengan baik pada aplikasi skala kecil maupun besar. Seperti PHP, MYSQL bersifat open source (gratis). Karena PHP dan MySQL disediakan secara gratis, maka tidak heran jika banyak pengembang web menggunakan PHP dan MySQL. Selain gratis, PHP dan MySQL sangat stabil untuk diaplikasikan pada software skala kecil maupun besar.

Banyak CMS yang telah memanfaatkan PHP dan MySQL, contohnya WordPress, Joomla, Drupal, dan sebagainya. Karena keunggulannya inilah PHP sangat tepat jika digunakan untuk menciptakan sebuah website dinamis. Sebab PHP hanyalah bahasa pemrograman yang tidak dapat menyimpan informasi sendiri, maka dari itu diperlukan sebuah database untuk menyimpan informasi yang ditampilkan. MYSQL merupakan pilihan tepat dalam mengembangkan website dinamis untuk PHP. MYSQL sangat mudah diakses dari PHP karena ringan proses olah datanya.

Kelebihan lain dari PHP dan MySQL adalah kemampuannya untuk berjalan di semua sistem operasi. Berikut ini hal yang Anda perlukan untuk membangun website dengan PHP dan MySQL:

1. Sebuah aplikasi web server, misalkan Apache, Abyss, atau IIS.
2. PHP.
3. MYSQL.
4. Sebuah browser seperti Microsoft Internet Explorer, Mozilla, Opera, atau Safari.
5. Sebuah text editor (dalam membuat tutorial ini digunakan macromedia dreamweaver).

Khusus untuk aplikasi web server, Anda bisa dengan mudah menggunakan web hosting PHP, jadi Anda tidak perlu repot mengkonfigurasinya lagi.

You may also like...