Membuat PHP-FPM Slow-log Untuk Cek Script PHP Yang Lambat

Membuat PHP-FPM Slow-log Untuk Cek Script PHP Yang Lambat

Ketika kita ingin mengecek error PHP melalui logs kita bisa menggunakan error_log, yang menjadi bagian dari semua web server yang umum. Namun jika kamu menggunakan Nginx + PHP-FPM, kamu dapat mengkonfigurasi log PHP yang terpisah untuk menampilkan script PHP yang berjalan lambat di sistem kamu.

Script yang lambat dapat membuat sistem menjadi error atau membuat user experience menurun. Mempunyai log untuk mengetahui proses PHP yang lambat di sistem sangat berguna, terutama untuk mengoptimalkan kinerja dari aplikasi web kamu.

Konfigurasi PHP-FPM Slow_log

Bagaimana cara men-setup slow_log untuk menyimpan log semua script PHP yang berjalan lambat?

Pertama buka teks editor favorit kamu di terminal, vim atau nano, lalu ketik:

nano -w /etc/php-fpm.d/www.conf

atau

/etc/php5/fpm/pool.d/www.conf

Sekarang, tekan CTRL + W dan cari ‘slowlog.’ Setelah kamu menemukan variable ini, set ke lokasi yang kamu inginkan untuk menyimpan file log PHP yang lambat. Seperti contohnya:

slowlog = /var/log/php-fpm/slow.log

atau

slowlog = /var/log/php5/slow.log

Ada satu lagi variabel penting yang harus di-setting:

request_slowlog_timeout = 5s

5 second adalah waktu maksimum script yang dapat dieksekusi sebelum ditandai sebagai slow dan disimpan ke dalam slow log. Hal ini dapat membantu kamu untuk menemukan script yang berjalan lambat.

Konfigurasi PHP Error Log

Langkah selanjutnya adalah untuk debugging script PHP yang lambat untuk men-settings error_log secara benar:

php_admin_flag[log_errors] = on

Dan juga buat nama untuk error_log

php_admin_value[error_log] = /var/log/php-fpm/error.log

Jika kamu tidak menyebutkan path dari custom error untuk situs kamu, error PHP akan disimpan ke dalam lokasi error_log default dari Nginx. Biasanya ada di: etc/nginx/logs/error.log atau /var/nginx/logs/error.log.

Debugging Error PHP-FPM

Jika kamu ingin menyimpan PHP-FPM daemon, koneksi dan lainnya, kamu bisa juga men-set lokasi error tertentu dengan mengedit file php-fpm.conf:

nano -w /etc/php-fpm.conf

Set error_logs seperti di bawah ini:

error_log = /var/log/php-fpm/error.log

Restart PHP-FPM untuk menerapkan perubahan:

service php-fpm restart

Jika kamu ingin melihat log, kamera bisa melihatnya dengan menggunakan more atau tail:

tail -f /var/log/php-fpm/slowlog.log

more /var/log/php-fpm/error.log

Cara ini merupakan cara terbaik untuk memulai debug dari script PHP kamu yang melambat. Ingat bahwa logs ini hanya selalu digunakan hanya pada saat aplikasi error yang atau eksekusi script yang melambat. Setelah selesai menemukan script mana yang menjadi masalah dan memperbaikinya. Direkomendasikan untuk mematikannya setelah menemukannya, untuk mencegah operasi I/O yang tidak diperlukan dan menghemat disk space.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...