Mempercepat MySQL InnoDB Shutdown Dengan Flushing Dirty Pages

Jika kita memiliki database InnoDB dengan ukuran yang sangat besar, ketika kita mencoba me-restart server MySQL terjadi error yang tidak kita inginkan. Masalah ini bisa disebabkan karena ukuran database yang terlalu besar dan juga karena dirty pages.

Apa Itu Dirty Pages?

Memiliki dirty pages sangat-sangat normal pada database InnoDB. Ketika row database kamu diupdate pada buffer memory pool, tetapi bukan pada disk, hal ini dimana page di-generated sebagai “dirty page.”

Namun pada database berukuran sangat besar hal ini malah bisa menyebabkan masalah, yang dapat memperlambat proses shutdown pada database InnoDB ketika kita coba me-restart / men-shutdown server MySQL.

Flush Dirty Pages Untuk Mempercepat Shutdown MySQL di InnoDB

Untuk kembali menormalkan kecepatan shutdown server MySQL dengan database InnoDB, bisa menggunakan pre-flush ke dirty pages langsung sebelum men-shutdown server. Dua command ini bisa kamu gunakan untuk dirty pages.

Pertama kamu harus menemukan ada berapa banyak dirty pages yang kamu miliki dengan command:

mysqladmin ext -i10 | grep dirty

Untuk sampel outputnya akan seperti dibawah ini:

Mempercepat MySQL InnoDB Shutdown Dengan Flushing Dirty Pages

Dan satu command lagi yang bisa kamu gunakan adalah untuk mem-flush data daru buffer pool dan men-set-nya ke 0. Nilai default selalu 75.

mysql> set global innodb_max_dirty_pages_pct = 0;

Setelah menggunakan dua command ini, biarkan jalankan server MySQL untuk beberapa saat dan baru kemudian kita mencoba me-restart-nya kembali. Kali ini kamu akan merasakan proses restart yang lebih cepat.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan PHP Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...