Menaikan Ukuran Upload File

Menaikan Ukuran Upload File

Menaikan Ukuran Upload File

Menaikan Ukuran Upload File

Jika kalian sedang membuat website yang harus mencantumkan fungsi upload file, maka kalian bisa melakukan hal tersebut dengan menggunakan PHP. Kita semua tahu bahwa PHP memang mendominasi pembuatan website maupun web aplikasi.

Berbagai kemudahan dari library dan konsep model yang ditawarkan platform PHP yang membuat banyak web developer lebih tertarik untuk menggunakan PHP. Selain itu, PHP juga didukung dengan framework-framework yang lebih membantu pekerjaan web developer.

Berbicara tentang membangun fungsi upload file pada sebuah website, pada umumnya ukuran standart upload file berkisar satu sampai dua MB. Namun jika kalian ingin menambahkan ukuran upload file tersebut, kalian bisa menambahkan atau merubahnya melalui setting PHP ini.

Tetapi ada satu hal yang harus kalian ingat, jika kalian ingin merubah ukuran upload file. Proses setting ini hanya akan berlaku jika kalian menggunakan layanan hosting VPS atau dedicated server. Karena jika kalian menggunakan shared hosting, ditakutkan resource yang diperlukan tidak mencukupi dan bisa berpengaruh pada website tersebut.

Untuk lebih memahami proses setting cara menaikan ukuran upload file, simak yang berikut ini.

memory-limit: Settingan ini berfungsi untuk memaksimalkan memory untuk proses script. Karena biasanya proses upload file dalam ukuran file yang besar akan membutuhkan waktu dan sumber daya serta memori yang lebih besar juga. Jika kalian berniat untuk tidak menggunakan batasan memori, kalian bisa mengisinya dengan nilai -1.

upload_max_filesize: Settingan ini yang akan mengubah ukuran default dari proses upload file yang berkisar satu hingga dua MB menjadi lebih besar.

post_max-size: Settingan ini berfungsi untuk memaksimalkan ukuran file yang akan diposting. Untuk melakukan setting ini, sebaiknya kalian sesuaikan terlebih dahulu dengan settingan upload_max_filesize dan sebaiknya ukuran post_max_size diberikan jatah yang lebih besar daripada upload_max_filesize. Hal ini dapat mempengaruhi perhitungan ukuran file transfer tersebut. Jika kalian akan menggunakan setting memory_limit, maka nilai dari memory_limit harus lebih besar dari post_max_size.

Untuk dapat memahami lagi cara settingĀ dari ketiga proses di atas, kalian bisa melihat contoh seperti berikut:

memory_limit = 32M
upload_max_filesize = 10M
post_max_size = 20M.

Bagaimana, apakah kalian sudah memahaminya? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Presented By jakartawebhosting.com

Web Hosting Indonesia

Web Hosting Indonesia

You may also like...