Menampilkan Error Mysqli Extension PHP

Menampilkan Error Mysqli Extension PHP

Menampilkan Error Mysqli Extension PHP

Menampilkan Error Mysqli Extension PHP

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai fungsi dan property yang bisa digunakan untuk menampilkan error mysqli extension PHP. Pesan kesalahan atau error yang dimaksud dalam tutorial kali ini adalah pesan error dari MySQL yang bisa ditampilkan apabila terjadi kesalahan koneksi atau kesalahan penulisan query MySQL. Pesan error dari PHP kadang tidak mencukupi, atau tidak bisa ditampilkan langsung kepada pengguna.

Karena itu, kita perlu sebuah cara untuk mengetahui apa yang terjadi. Misalkan apakah MySQL server sudah berjalan, atau apakah kita salah menuliskan password user, database, salah penulisan query, dan lain-lain.

Cara Menampilkan Error Mysqli

Untuk menampilkan pesan kesalahan dalam procedural style mysqli, kita akan menggunakan fungsi-fungsi. Beberapa di antaranya adalah fungsi mysqli_connect_errno(), mysqli_connect_ error(), mysqli_errno(), dan mysqli_error(). Agar mudah dipahami, kita akan langsung membahasnya menggunakan contoh kode program.

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
<?php
// buat koneksi dengan MySQL, gunakan database: universitas
$link = mysqli_connect('localhost', 'root', '', 'universitas');
  
// cek koneksi
if (!$link) {
   die('Koneksi Error : '.mysqli_connect_errno()
   .' - '.mysqli_connect_error());
}
  
// koneksi berhasil
echo 'Koneksi Berhasil : '.mysqli_get_host_info($link)."<br />";
  
// tutup koneksi
mysqli_close($link);
?>

Pada kode program di atas, setelah proses koneksi dengan fungsi mysqli_connect(), kami memeriksa hasil koneksi dengan kondisi if(!$link). Fungsi mysqli_connect() akan mengembalikan link koneksi apabila koneksi ke MySQL sukses dilakukan. Tetapi jika koneksi gagal, fungsi ini akan mengembalikan nilai FALSE.

Nilai kembalian inilah yang bisa kita manfaatkan untuk memeriksa apakah koneksi berhasil atau gagal. Karena kondisi IF baru akan berjalan jika kondisi bernilai TRUE, maka tambahkan tanda! untuk membalik nilai FALSE menjadi TRUE. Kondisi if(!$link) baru akan dieksekusi ketika fungsi mysqli_connect() mengalami kegagalan. Jika kondisi if(!link) menjadi TRUE (terdapat error), maka fungsi die() akan menghentikan proses PHP yang sedang berjalan.

Lalu, bagaimana caranya menampilkan pesan error yang terjadi pada saat query dijalankan? Kita bisa menggunakan fungsi mysqli_errno() dan mysqli_error(). Fungsi mysqli_errno() digunakan untuk menampilkan nomor kode error mysqli, dan fungsi mysqli_error() digunakan untuk menampilkan pesan error yang terjadi.

Cara Menampilkan Error Object Style Mysqli

Untuk menampilkan pesan kesalahan dengan menggunakan object style mysqli, kita tidak lagi menggunakan fungsi, tetapi dengan memeriksa property error dari objek mysqli. Property yang digunakan untuk menampilkan pesan kesalahan ini memiliki nama yang mirip dengan fungsi yang digunakan pada procedural style mysqli.

Dengan kata lain, untuk memeriksa apakah pada saat koneksi MySQL terjadi kesalahan, kita bisa mengujinya dengan kondisi if ($mysqli->connect_errno). Sedangkan untuk mengecek query, bisa menggunakan if ($mysqli->errno). Demikianlah pembahasan singkat mengenai error mysqli extension PHP. Semoga bermanfaat.

Apabila Anda sedang mencari web hosting yang cepat dan handal untuk Anda gunakan pada website, Anda bisa mengandalkan https://www.jakartawebhosting.com sebagai web hosting terpercaya Anda. Karena Jakartawebhosting.com menyediakan web hosting Indonesia, web hosting dengan server yang menggunakan HDD maupun SSD yang sangat terjamin kecepatan dan sumber daya resourcenya. Anda cukup pilih mana yang Anda inginkan.

Selain itu, Anda juga bisa membeli nama domain dengan harga domain murah se Indonesia di Jakarta Web Hosting Indonesia. Bila anda sebuah perusahaan, anda ingin menggunakan layanan Cloud Hosting? Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Cloud Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data serta server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu anda 24 jam setiap hari dan biaya langganan yang menarik.

.

You may also like...