Mengenal Array pada PHP

Mengenal Array pada PHP

Mengenal Array pada PHP

Mengenal Array pada PHP

Apakah kalian tahu apa itu array? Jika tidak, simak yang berikut ini agar kalian lebih mengenal array pada PHP. Array merupakan variabel PHP yang berisi lebih dari satu variabel, atau dapat dikatakan sebagai variabel jamak. Sebagai analogi, ketika kita mempunyai banyak sayur-sayuran (kita anggap ini sebagai variabel), maka daripada kita menyatakan tiap nama sayuran dengan variabel $sayur1, $sayur2, $sayur3, …dan seterusnya, akan lebih efisien jika kita menggunakan variabel $sayur yang berupa array.

Variabel array pada PHP, kadang tidak perlu didefinisikan. Namun untuk indeks array, kalian bisa menggunakan indeks mulai dari 0 hingga sejumlah elemen array dikurang 1.

Assignment Array pada PHP

Ada beberapa cara untuk memberi nilai pada suatu variabel array, antara lain:

Contoh 1:

$sayur[0] = “sawi”;
$sayur[1] = “bayam”;
$sayur[2] = “kangkung”;

Contoh 2:

$sayur[] = “sawi”;
$sayur[] = “bayam”;
$sayur[] = “kangkung”;

Pada contoh tersebut, PHP secara otomatis akan memberi indeks sesuai nilai indeks terakhir dari array. Maka pada variabel $sayur indeks 0 berisi ”sawi”, indeks 1 berisi ”bayam” dan indeks 2 akan berisi ”kangkung”.

Contoh 3:
$sayur = array (”sawi”, ”bayam”, ”kangkung”);
Pada contoh ini, suatu array dideklarasikan dengan memberi nilai secara langsung. Hasilnya akan sama dengan contoh-contoh sebelumnya.

Array Asosiatif

Array pada PHP berikutnya adalah array asosiatif, yaitu tidak menggunakan integer sebagai indeks namun menggunakan string sebagai indeks.

Fungsi

Fungsi dalam array pada terbagi menjadi tiga, yaitu fungsi built-in, user defined function (UDF), dan external. Demikian ulasan singkat mengenai array pada PHP. Jika kalian ingin lebih dalam mengetahuinya, kalian bisa membeli buku panduan PHP. Semoga bermanfaat.

Presented By Jakartawebhosting.com

Web Hosting Indonesia

Web Hosting Indonesia

You may also like...