Mengenal ASP dan PHP

Mengenal ASP dan PHP

Mengenal ASP dan PHP

Mengenal ASP dan PHP

ASP dan PHP adalah bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk membuat website dinamis. Tidak seperti html web statis, website yang dibangun menggunakan ASP dan PHP lebih memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan bertukar informasi menggunakan database website.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang PHP dan ASP, agar Anda menjadi lebih tahu. ASP adalah kependekan dari Active Server Pages—suatu jenis program yang bekerja menggunakan produk Microsoft bernama IIS atau Internet Information Server. ASP membutuhkan IIS untuk bekerja. Di sisi lain, PHP atau Hypertext Preprocessor berjalan menggunakan Linux atau Unix server. PHP yang lebih diperbarui sekarang dapat menjalankan program pada server NT.

Program PHP dapat juga dijalankan di Windows , Solaris, Unix dan Linux, sementara ASP hanya dapat bekerja dengan platform-platform berbasis Window. Baru-baru ini, ASP sudah dapat dijalankan pada platform Linux asalkan ada Apache ASP-program yang terinstal pada server.

Jika Anda adalah seorang programmer mahir dengan bahasa C + +, Anda mungkin akan lebih nyaman menggunakan PHP daripada ASP. PHP menggunakan C / C + + sebagai bahasa dasar dan kebanyakan sintaks yang mirip satu sama lain. Karena sebagian besar dari programmer masih menggunakan bahasa C + +, PHP jauh lebih populer daripada ASP.

ASP sangat mirip dengan sintaks dan antarmuka pemrograman visual basic. Hal ini pada dasarnya karena visual basic berkorelasi dengan produk dan program Microsoft. Ketika sampai pada penetapan biaya dan pengeluaran, ASP membutuhkan windows server yang terinstal IIS.

Anda perlu membeli komponen kedua agar ASP dapat bekerja. Di sisi lain, PHP tidak membutuhkan biaya sepeser pun karena menggunakan Linux sebagai servernya. PHP sangat fleksibel dalam hal konektifitas database–dapat tersambung ke beberapa database seperti MySQL. Perhatikan bahwa MySQL tidak akan dikenakan biaya apa pun untuk digunakan. Tetapi jika Anda menggunakan ASP, Anda harus membeli MS-SQL.

Kecepatan loading adalah faktor besar dalam mempertahankan sebuah website. Jika Anda ingin mendapatkan kecepatan, lebih baik Anda menggunakan PHP sebab PHP berjalan lebih cepat daripada ASP. Baik ASP dan PHP mempunyai keuntungan dan kerugiannya tersendiri. Semua tergantung pada pengembangan situs web Anda, mana yang lebih Anda fokuskan. Tidak ada salahnya berunding dengan programmer lain untuk memilih antara ASP dan PHP.

You may also like...