Mengenal CodeIgniter dan Keunggulannya

CodeIgniter merupakan PHP framework yang dibuat dengan tujuan kesederhanaan dan menggunakan toolkit yang didesain dengan sangat baik. Jika kamu sedang ingin membangun aplikasi web dengan fitur yang canggih, maka kamu bisa membuat aplikasi tersebut dengan menggunakan CodeIgniter, salah satu PHP framework yang efisien. Dengannya kita bisa membuat aplikasi web yang selalu tersedia, dan proses belajar menjadi lebih mudah. Dibandingkan dengan framework lainnya, framework PHP ini sangat sederhana dan juga cepat.

CodeIgniter berasal dari pola pengembangan MVC atau Model-View-Controller, yang merupakan pendekatan software untuk menguraikan logika aplikasi dan tampilan dengan mengucilkannya dari scripting PHP. Tetapi pada kenyataannya, halaman web yang memiliki scripting minimal diijinkan oleh framework ini.

Struktur MVC Dari CodeIgniter:

Model: Pada dasarnya data direpresentasikan dengan model dan semua fungsi mengambil, memasukan dan merestrukturisasi informasi database sebagai model yang berisi logika data dan juga mewakili class, data structure dan lainnya.

View: Adalah informasi – halaman web pada umumnya yang diakses oleh pengguna. Seperti header atau footer, kita dapat mengatakan halaman di CodeIgniter, dapat merupakan halaman RSS ataupun halaman manapun.

Controller: Hanya nama dari file class terkait dengan URL dan dimuat oleh CodeIgniter. Tetapi, untuk loading tidak hanya pencocokan nama controller dengan segmen pertama URL diperlukan, tetapi karakter pertama dari nama class harus menggunakan huruf besar. Kelas parent controller diperluas dan semua fungsi yang diwariskan oleh kelas controller. Fungsi dari controller, perlu dipanggil dan ditentukan oleh segmen kedua dari URL ketika meng-load fungsi index.

Remapping Function Call:

Menggunakan fungsi remap (), CodeIgniter akan menimpa aktivitas dari menentukan controller dengan memanggil fungsi dengan segmen kedua dari URL. Sebuah fungsi disebut sebagai remap (), selalu dipanggil selain dari URL jika tertutup didalam controller. CodeIgniter akan me-remap setiap URL, melalui fitur URL routing.

Keunggulan CodeIgniter:

  1. Mudah migrasi dari shared hosting ke dedicated server.
  2. Mudah dipelajari, diadopsi dan dikembangkan.
  3. Mudah untuk ditangani dan dikustomasi.
  4. Fungsi baru dapat diterapkan tanpa memberikan efek ke kustomasi secara keseluruhan.
  5. Menawarkan fleksibilitas dan manajemen yang mudah dengan framework berbasis MVC.
  6. Active Record Implementation sangat sederhana dan mudah untuk diingat.
  7. Memberikan proses konfigurasi yang mudah.
  8. Koleksinya yang bagus dari library.
  9. Dokumentasi yang sangat baik.
  10. Sistem yang ringan.

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan PHP Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

Apabila Anda sedang mencari web hosting yang cepat dan handal untuk Anda gunakan pada website, Anda bisa mengandalkan //www.jakartawebhosting.com sebagai web hosting terpercaya Anda. Karena Jakartawebhosting.com menyediakan web hosting Indonesia, web hosting dengan server yang menggunakan HDD maupun SSD yang sangat terjamin kecepatan dan sumber daya resourcenya. Anda cukup pilih mana yang Anda inginkan.

Selain itu, Anda juga bisa membeli nama domain dengan harga domain murah se Indonesia di Jakarta Web Hosting Indonesia. Bila anda sebuah perusahaan, anda ingin menggunakan layanan Cloud Hosting? Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Cloud Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data serta server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu anda 24 jam setiap hari dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...