Mengenal Docker dan Container

Mengenal Docker dan Container

Docker merupakan tool yang dirancang untuk membuat lebih mudah developer dalam membangun, menyebarkan dan menjalankan aplikasi dengan menggunakan Container. Container memungkinkan developer untuk membuat paket dari aplikasi dengan semua komponen yang dibutuhkan seperti library dan dependensi lainnya, dan mengirim semuanya dalam satu paket. Dengan melakukan ini, khususnya menggunakan Container, developer dapat memastikan bahwa aplikasinya dapat berjalan pada komputer Linux lainnya, apapun pengaturan pada komputer Linux tersebut yang mungkin sangat berbeda dengan yang digunakan ketika menulis dan mengetes kode.

Dockers sedikit mirip dengan virtual machine. Tetapi tidak seperti virtual machine, yang lebih menciptakan sistem operasi virtual, tool ini memungkinkan aplikasi untuk menggunakan kernel Linux yang sama seperti di sistem dimana mereka dijalankan dan hanya membutuhkan aplikasi yang dikirim dengan komponen yang tidak berjalan pada komputer host. Hal ini dapat memberikan peningkatan kinerja yang signifikan dan mengurangi ukuran dari aplikasi.

Dan pentingnya, Docker merupakan open source. Ini berarti bahwa setiap orang dapat berkontribusi untuk mengembangkan Docker dengan menambahkan fitur yang mereka butuhkan sendiri, yang tidak tersedia pada bawaan aslinya.

Untuk Siapa Docker?

Docker merupakan tool yang didesain untuk membantu baik developer maupun system administrator, menjadikannya sebagai bagian dari DevOps (developer + operation) toolchain. Untuk developer, berarti bahwa mereka dapat fokus pada menulis kode tanpa khawatir tentang sistem yang pada akhirnya akan berjalan. Tool ini juga memungkinkan developer untuk memulai dengan menggunakan satu dari ribuan program yang telah didesain untuk berjalan pada Docker Container sebagai bagian dari aplikasi mereka. Untuk staf operasional, memberikan fleksibilitas dan berpotensi untuk mengurangi jumlah sistem yang diperlukan, karena ukurannya yang kecil dan biayanya yang lebih rendah.

Mulai Mencoba

Docker menyediakan tutorial web-based dengan command-line simulator, dimana kamu bisa mencoba command dasarnya dan mulai untuk mengerti bagaimana mereka bekerja. Ada juga panduan untuk newbie mengenal beberapa command dasar dan terminologi Container.

Docker membawa keamanan untuk aplikasi yang berjalan pada shared environment, tetapi Container dengan dirinya sendiri buka alternatif untuk digunakan sebagai ukuran keamanan.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan PHP Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...