Mengenal Fungsi Echo dan Print

Mengenal Fungsi Echo dan Print

Mengenal Fungsi Echo dan Print

Mengenal Fungsi Echo dan Print

Para web developer atau programmer pasti sudah tidak asing dengan fungsi Echo dan Print, yaitu fungsi yang sering kita temukan pada proses pengcodingan pemrograman PHP. Kedua fungsi tersebut berguna untuk menampilkan isi dari suatu variable atau menampilkan text biasa sebagai label/sistem alert. Oleh karena kedua fungsi tersebut memiliki kegunaan yang sama, terkadang para web developer suka merasa bingung untuk menentukan memakai fungsi Echo atau Print dalam proses implementasinya.

Namun, jika kita mencari tahu lebih dalam lagi tentang kedua fungsi ini, maka ada sebuah jawaban yang bisa membedakan kedua fungsi tersebut. Seorang Developer khusus pemrograman PHP pernah melakukan uji coba tentang kedua fungsi ini. Hasil akhir yang ia dapat adalah fungsi Echo memiliki proses 15% lebih cepat dibandingkan fungsi Print.

Perbedaan ini diambil dalam ukuran millisecond. Walaupun mengambil ukuran terkecil, namun perbedaan itu cukup memberikan perbandingan pada proses outputnya. Selain itu, para web developer atau programmer juga sudah tahu bahwa Print memiliki kegunaan untuk mengembalikan nilai di dalamnya (returning value).

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan sedikit penjelasan tentang penggunan fungsi Echo supaya menjadi efisien dalam proses penyambungan isi variabel . Sebagai contoh, penggunaan Echo yang biasa digunakan pada umunya adalah echo “$variable1 atau”.”$variable2 yang akan diperlihatkan”.”kemudian letakan hasilnya”.

Jika kita melihat contoh tersebut, sebenarnya kita telah memakan banyak resource pada penulisan script tersebut. Kita bisa melihat bahwa script tersebut memiliki dua titik yang dipakai. Titik tersebut berfungsi menambahkan isi suatu variable, bukan untuk menyambung isi dari variable tersebut.

Hal inilah yang membuat web developer atau programmer seringkali mengira bahwa tanda titik berfungsi sebagai penyambung isi dari variabel. Sehingga dengan begitu, penggunaan fungsi Echo sebaiknya ditulis seperti berikut. echo $variable, “atau” ,$variable2, “yang akan diperlihatkan”,”kemudian letakan hasilnya”;. Contoh kedua terlihat jelas perbedaan yang terjadi penggunaan tanda titik digantikan dengan tanda koma, sehingga resource yang digunakan tidak banyak dan bisa berjalan dengan cepat.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai fungsi Echo dan Print. Semoga bermanfaat.

Presented by jakartawebhosting.com

Web Hosting Indonesia

Web Hosting Indonesia

You may also like...