Mengenal Lambda di PHP

Mengenal Lambda di PHP

Lambda merupakan fitur baru yang ditambahkan ke PHP mulai dari versi 5.3 dan lebih baru. Fitur ini hadir dengan beberapa fungsi dan kemampuan baru untuk me-refactor kode lama untuk membuatnya lebih bersih dan intuitif. Namun, banyak developer yang masih belum sadar mengenai fungsi dari fitur baru ini. Jadi pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Lambda di PHP.

Apa Itu Fungsi Anonymous?

Fungsi anonymous merupakan fungsi yang tidak bisa diakses oleh namanya, tetapi hanya bisa dengan variabel reference seperti reference dan pointer.

Apa Itu Lambda?

Lambda digunakan untuk menjelaskan fungsi anonymous atau Lambda itu sendiri merupakan fungsi anonymous di dalam PHP yang dapat disimpan menjadi variable atau diteruskan sebagai argument ke fungsi lain.

Syntax:

Berikut ini adalah syntax Lambda di PHP.
 
$var = function ( parameters ) {
 statement
};

Seperti yang kamu bisa lihat, kamu bisa memanggil fungsi tanpa nama fungsi dan menugaskannya langsung ke variable. Lambdas di dalam PHP merupakan fungsi anonymous yang diciptakan tanpa nama. Fungsi anonymous pertama kali diperkenalkan pada PHP4 yang dipanggil menggunakan fungsi create_function(). Lambdas lebih cepat dari fungsi yang dibuat menggunakan fungsi create_function.

Mengerti Lambda di PHP dengan Contoh Simpel

Pertama saya akan menunjukan fungsi reguler yang bisa kamu buat secara normal.

function sum($firstval,$secondval) {
 return $firstval+$secondval;
};
echo sum(2,3);
//Output : 5

Fungsi ini sangat simpel, fungsi di atas menjalankan sum dari dua value ketika memanggil fungsi dengan nama fungsi dan meneruskan dua argument. Sekarang saya mencoba memangilnya secara tidak langsung fungsi ini menggunakan variabel yang valuenya sama dengan nama function:

$sum = function ($firstval,$secondval) {
 return $firstval+$secondval;
};
echo $sum(2,3);
//Output : 5

Kode ini menjelaskan Lambda di dalam PHP. Fungsinya sama dengan fungsi reguler di atas, hanya saja fungsi dibuat tanpa function name. Lambdas menggunakan fungsi callback untuk fungsi lainnya dan tidak akan memberi nama. Kode di atas memang tidak menjelaskan keuntungan dari fungsi anonymous, tetapi tergantung pada situasu dimana menulis kode seperti ini bisa sangat baik.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan dengan yang menarik.

You may also like...