Mengenal Protocol HTTP Yang Digunakan di Web

Mengenal Protocol HTTP Yang Digunakan di Web

Semua komunikasi web menggunakan protocol HTTP yang sama. Versi HTTP saat ini adalah 1.1 yang dirilis pertama kali pada tahun 1999. Komunikasinya berisi dua fase: Request (dari client ke server) dan response (dari server ke client). Didalam kedua fase request dan response, unit dari kominikasi berisi dari dua bagian header dan body.

Format dari HTTP request seperti dibawah ini:

HTTP-request-method Resource-path HTTP-version
Header fields
Blank line
Body of the request

Menurut HTTP 1.1 ada beberapa metode request, seperti:

GET: Mendapatkan konten yang dibutuhkan sumber.
POST: Mengeksekusi sumber tertentu, menggunakan enclosed data.
HEAD: Sama seperti GET, tetapi hanya mendapatkan header tanpa body.
PUT: Mengganti sumber tertentu dengan sumber enclosed.
DELETE: Menghapus sumber tertentu.

Diantara metode diatas metode yang paling sering digunakan adalah GET dan POST. Setelah first line, pesan request berisi request header, yang berisi field berbeda yang dikenal sebagai header field. Setiap header field merupakan sepasang key-value. Format dari header field adalah nama dari header field yang diikuti dengan colon dan value.

Beberapa header field yang sering digunakan: Accept (yang menentukan jenis MIME yang didukung oleh browser). Host (yang menentukan nama Host). Content-length (yang menentukan tidak ada karakter dalam body dari request message).

Format umum dari HTTP response seperti dibawah ini:

Status line
Header fields
Blank line
Body of the response

Status line berisi informasi seperti versi HTTP, Status code dan Short message. Beberapa status code yang paling sering adalah 200 (sukses), 301 (redirection), 404 (halaman tidak ditemukan) dan 500 (internal server error).

Setelah baris pertama (status line), response message berisi field yang bernama response header. Field pada response header yang sering digunakan adalah: Server (yang menentukan informasi mengenai web server). Last-modified (yang menentukan tanggal dimana resource yang diminta terakhir kali dimodifikasi). Content-lenght (yang menentukan panjang dari content yang ada di body pada responsel message). Dan Content-type (yang menentukan tipe MIME pada konten di dalam body dari response message).

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan PHP Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

You may also like...