Mengenal Struktur Perulangan For PHP

Mengenal Struktur Perulangan For PHP

Mengenal Struktur Perulangan For PHP

Mengenal Struktur Perulangan For PHP

Apakah kalian tahu apa itu struktur perulangan for dalam PHP? Jika tidak, simak yang berikut ini. Pertama-tama, kita harus tahu dulu apa itu struktur perulangan. Struktur perulangan atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan loop, adalah instruksi program yang bertujuan untuk mengulang beberapa baris perintah.

Dalam merancang perulangan kode program, kita setidaknya harus mengetahui tiga komponen, yaitu kondisi awal dari perulangan, perintah program yang akan diulang, serta kondisi akhir di mana perulangan akan berhenti. Di dalam bahasa pemograman, terdapat beberapa jenis instruksi perulangan, salah satunya adalah struktur perulangan FOR. Untuk menggunakan perulangan for, kita setidaknya membutuhkan tiga kondisi seperti yang telah disebutkan di atas, agar perulangan berhenti.

Penulisan dasar format perulangan for PHP adalah sebagai berikut:

for (start; condition; increment)
{
   statement;
}

• Start adalah kondisi pada saat awal perulangan. Biasanya kondisi awal ini digunakan untuk membuat dan memberikan nilai kepada variabel counter yang digunakan untuk mengontrol perulangan. Misalkan, kita akan membuat variabel counter $i, maka untuk kondisi start ini, kita juga harus memberikan nilai awal untuk variabel $i, misalnya dengan 1, maka $i=1.

• Condition adalah kondisi yang harus dipenuhi agar perulangan dijalankan. Selama kondisi ini terpenuhi, maka PHP akan terus melakukan perulangan. Biasanya variabel counter digunakan untuk mengatur akhir perulangan. Misalkan kita ingin menghentikan perulangan jika variabel $i telah mencapai nilai 20, maka pada bagian condition ini kita membuat perintah $i<=20, yang berarti selama nilai $i kurang atau sama dengan 20, terus lakukan perulangan.

• Increment adalah bagian yang digunakan untuk memproses variabel counter agar bisa memenuhi kondisi akhir perulangan. Biasanya, pada bagian inilah kita akan membuat kondisi dari variabel counter.

• Statement adalah bagian kode program yang akan diproses secara terus-menerus selama proses perulangan berlangsung. Untuk statement ini, kita membuat blok program di antara tanda kurung kurawal ({ dan }) sebagai penanda bahwa bagian di dalam kurung kurawal inilah yang akan dikenai proses perulangan.

Infinity Loop

Ketika kita membuat kondisi akhir dari perluangan for, kita harus memperhatikan kapan kondisi akhir tersebut dipenuhi. Jika kondisi akhir tidak pernah terpenuhi, maka perulangan akan berjalan selamanya. Hal ini dikenal dengan infinity loop.

Nested Loop

Selain infinity loop, terdapat istilah lainnya yang sering digunakan dalam proses perulangan, yakni nested loop, atau perulangan bersarang. Nested loop adalah istilah pemograman yang berarti membuat perulangan di dalam perulangan.

Sama seperti struktur if, PHP juga memiliki alternatif perulangan tanpa menggunakan tanda kurung kurawal sebagai penanda blok program, dan menggantinya dengan endfor. Demikianlah struktur perulangan for dalam PHP. Semoga bermanfaat.

You may also like...