Mengenal Tipe Data Juggling dan Tipe Data Casting

Mengenal Tipe Data Juggling dan Tipe Data Casting

Tutorial PHP: Mengenal Tipe Data Juggling dan Tipe Data Casting

Tutorial PHP: Mengenal Tipe Data Juggling dan Tipe Data Casting

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai tipe data juggling dan tipe data casting. Apa itu tipe data juggling? Lalu, apa yang dimaksud dengan tipe data casting? Pertama-tama, kita kenali dulu tentang PHP. PHP merupakan bahasa pemograman yang tidak terlalu ketat dalam aturan tipe data, di mana sebuah variabel dapat diisi dengan berbagai tipe data. Hal ini memberikan kemudahan penulisan, namun juga mendatangkan permasalahan tersendiri. Terkadang PHP mengubah tipe data suatu variabel menjadi tipe data lainnya secara tidak langsung tanpa kita instruksikan.

Tipe Data Juggling

Untuk memahami tipe data juggling, perhatikan kode program PHP berikut:

1

2

3

4

5

<?php

$a=12;

$b=”9 kucing”;

echo $a+$b; //21

?>

Dalam kode di atas, kami mendefenisikan variabel $a sebagai integer (angka) dan variabel $b sebagai string. Operasi penambahan seharusnya membutuhkan dua inputan berupa angka, namun seperti yang terlihat ketika program dijalankan, PHP akan menjalankan perintah tersebut tanpa mengeluarkan error. 12+”9 kucing” akan menghasilkan nilai 21.

Proses perubahan tipe data ini dikenal dengan istilah tipe juggling. Tipe juggling dalam PHP adalah sebuah proses untuk menentukan jenis tipe data yang cocok dengan operasi saat itu, dan PHP akan menkonversinya secara langsung.

PHP akan mencoba menebak dan mengubah tipe data agar disesuaikan dengan peruntukannya. Seperti contoh program di atas, string “9 kucing” akan dikonversi menjadi angka dan menghasilkan angka 24.

Tipe Data Casting

Jika tipe data juggling merupakan proses otomatis oleh PHP, maka tipe data casting adalah proses perubahan tipe data secara manual dengan menggunakan instruksi di dalam kode program.

Untuk merubah sebuah tipe data, kita menggunakan perintah casting dengan cara membuat nama tipe data tujuan di dalam tanda kurung sebelum variabel yang akan diubah.

Perhatikan contoh kode program berikut:

<?php
   $a=12;
   $b="9 kucing";
   echo$b;           //9 kucing
   echo"<br />";
   echo(integer) $b; //9
   echo"<br />";
   echo(boolean) $b; //1
?>
Pada baris ke -9, kami membuat echo (integer) $b, perintah ini adalah men-casting tipe data yang ada di dalam variabel $b (apapun tipe datanya) menjadi integer. Dan pada baris ke 9. saya meng-casting tipe data $b menjadi boolean.

Jenis-jenis perintah casting yang ada dalam PHP adalah sebagai berikut:

  • (int), (integer) – mengubah tipe data menjadi integer
  • (bool), (boolean) – mengubah tipe data menjadi boolean
  • (float), (double), (real) – mengubah tipe data menjadi float
  • (string) – mengubah tipe data menjadi string
  • (array) – mengubah tipe data menjadi array
  • (object) – mengubah tipe data menjadi object
  • (unset) – mengubah tipe data menjadi NULL (PHP 5)

Demikianlah pembahasan mengenai tipe data juggling dan tipe data casting dalam PHP. Semoga bermanfaat.

Apabila Anda sedang mencari web hosting yang cepat dan handal untuk Anda gunakan pada website, Anda bisa mengandalkan https://www.jakartawebhosting.com sebagai web hosting terpercaya Anda. Karena Jakartawebhosting.com menyediakan web hosting Indonesia, web hosting dengan server yang menggunakan HDD maupun SSD yang sangat terjamin kecepatan dan sumber daya resourcenya. Anda cukup pilih mana yang Anda inginkan.

Selain itu, Anda juga bisa membeli nama domain dengan harga domain murah se Indonesia di Jakarta Web Hosting Indonesia. Bila anda sebuah perusahaan, anda ingin menggunakan layanan Cloud Hosting? Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Cloud Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data serta server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu anda 24 jam setiap hari dan biaya langganan yang menarik.

.

You may also like...