Mengenal Yii Framework

Mengenal Yii Framework

Mengenal Yii Framework

Mengenal Yii Framework

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang Yii Framework. Apakah di antara kalian ada yang tahu apa itu Yii framework? Jika tidak, simak yang berikut ini! Yii framework merupakan salah satu dari sekian banyak framework PHP yang cukup populer dikalangan PHP developer. Bahkan, Yii masuk dalam top 10 besar framework PHP dunia lho!

Yii sendiri dikembangkan oleh Qiang Xue pada 1 Januari 2008, seorang programmer berkebangsaan China yang sebelumnya juga telah mengembangkan framework PHP bernama Prado. Oleh karena itu, tak heran jika Qiang mengadopsi teknik-teknik yang dipakai pada Prado saat mengembangkan Yii framework ini.

Fitur Yii

1. MVC (Model-View-Controller)

Hampir semua framework PHP saat ini berbasis MVC, tidak terkecuali Yii. Ini karena dengan MVC, aplikasi menjadi lebih terstruktur dan mudah dipahami.

2. ORM (Object Relational Mapping)

Object Relational Mapping merupakan salah satu keunggulan Yii dalam urusan database. Jika kita lihat secara spesifik lagi, maka Yii sebenarnya menyediakan mekanisme seperti DAO (Data Access Object), Query Builder (seperti di framework CI), Active Record (ORM), dan database Migration. Dengan ORM, pekerjaan developer menjadi terbantu karena tidak perlu menulis query SQL yang rumit lagi.

3. Form Input dan Validasi

Yii sangat membantu sekali dalam urusan menangani form input, karena di dalamnya disediakan sejumlah validator yang akan memvalidasi inputan dari pengguna aplikasi dengan cara yang mudah dan efisien.

4. Autentikasi dan Autorisasi

Yii sudah menyediakan mekanisme Autentikasi (login, logout) dan Autorisasi (hak akses) terhadap pengguna sistem, sehingga kita tidak perlu lagi repot-repot membuat dari pertama.

5. Skin dan Tema

Masalah tampilan pun sudah diperhatikan oleh Yii, dengan konsep Skinning kita bisa meng-costumize tampilan komponen user interface di aplikasi kita menggunakan CSS, sedangkan dengan konsep Theming kita bisa mengganti seluruh tampilan aplikasi dengan mudah.

Demikianlah fitur-fitur yang ada di dalam Yii framework. Sebenarnya, masih banyak lagi fitur-fitur Yii framework yang dapat memudahkan penggunanya, maka tidak heran jika framework PHP ini dijadikan framework favorit oleh para PHP developer. Semoga bermanfaat.

You may also like...